Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik, Inilah 12 Makanan Khas Bangka Belitung dan Resepnya

Sudah pernahkah kamu mengunjungi Bangka Belitung ? atau sudah pernahkah kamu mendengar nama Bangka Belitung ?

Pastinya pernah donk..

Bangka belitung sangat terkenal seantero dunia dengan hasil sumber daya alamnya berupa timah dan sahang alias lada. Selain itu, bangka belitung juga terkenal akan keindahan destinasi wisata pantai dengan ciri khas hamparan pasir putih di bibir pantai dan terdapatnya onggokan bebatuan granit begitu besar.

Eitts.. masih ada yang lainnya, bangka belitung juga dikenal dengan beragam kuliner yang enak enak. Bahkan terbilang unik.

Sudah tau belum ?

Kalau belum tau, coba baca informasi ini selengkapnya. Barangkali, kapan kapan kamu akan liburan ke negeri laskar pelangi ini.

12 makanan khas bangka belitung beserta penjelasannya

1. Lempah kuning

Lempah kuning bangka belitung ini termasuk dalam katagori masakan unik di indonesia.

Kamu mungkin baru saja mendengar kata lempah ?

Lempah bearti masakan berkuah yang diberikan bumbu bumbu rempah berbahan dasar utama hewan laut, daging sapi dan ayam.

Lempah kuning bangka belitung ini termasuk dalam katagori masakan unik di indonesia. Karena uniknya, lempah kuning di masukkan ke dalam cagar budaya tak benda.

Unik, karena masakan ini terbuat dari campuran kunyit yang begitu terasa aromanya. Menikmati masakan tetapi berasa seperti minum jamu. Tak hanya itu, lempah kuning juga di campur dengan buah nanas.

Unik banget kan. Minum jamu sekaligus makan buah. haha...

Lempah kuning pada umumnya terbuat dari hewan laut seperti ikan tenggiri. Bahan utamnya terbuat dari hewan laut, buah nanas dan dipadukan dengan bumbu khas bangka belitung seperti belacan, sahang, lengkuas, cabai bangka dan sebagainya.

Selain menggunakan hewan laut, lempah kuning juga dapat dibuat dari daging sapi, daging ayam, ceker ayam dan sebagainya.

Baca resepnya di tautan ini: cara membuat masakan lempah kuning bangka belitung.

2. Lempah darat

lempah darat juga merupakan masakan berkuah yang unik. Masakan ini asli dari kepulauan bangka belitung.

Sama seperti lempah kuning, lempah darat juga merupakan masakan berkuah yang unik. Masakan ini asli dari kepulauan bangka belitung.

Dan menjadi menu andalan untuk menyambut tamu undangan yang datang ke bangka belitung serta sebagai salah satu kuliner yang paling banyak digemari oleh wisatawan.

Rasanya begitu menyegarkan...

Masakan ini pada umumnya disantap di kebun sahang, di waktu istirahat jam makan siang ketika masa panen sahang di bangka belitung.

Bahan bahan yang diperoleh didapatkan dari tanaman tumpang sari di kebun kebun sahang tersebut seperti pucuk idak atau keladi bangka, pepaya muda, umbi keladi, kacang panjang dan sebagainya.

Ciri khas dari masakan lempah darat adalah kuahnya di dominasi dengan cita rasa belacan atau terasi dan sahang sertai cabai.

Saya pastikan ketika kamu mencicipi masakan ini akan dibuat ketagihan. Karena rasanya begitu menyegarkan dan menggugah selera makan.

Baca resepnya di tautan ini: cara membuat lempah darat khas bangka belitung.

3. Pantiaw

Begini cara membuat pantiaw bangka yang enak dan lezat.

Pantiaw adalah makanan khas bangka belitung terbuat dari tepung beras dan sagu dengan kuahnya terbuat dari daging ikan dipadukan dengan ragam bumbu rempah pilihan.

Makanan ini sama persis dengan kwetiaw, perbedaannya hanya terdapat pada tata cara penyajian saja.

Makanan ini dibawa oleh etnis tionghoa yang datang ke bangka belitung pada masa pertambangan timah pra kemerdekaan dan perantauan etnis tionghoa dari negeri tiongkok. Selanjutnya mengalami akulurasi dengan budaya di bangka belitung.

Pada umumnya pantiaw berwarna putih bersih. Namun, ada juga pantiaw berwarna hijau dan sebagainya. Namun, jarang ditemukan. Hanya untuk memberikan daya tarik saja, rasanya tak ada bedanya.

Bahan utama pantiaw terbuat dari tepung beras dan sagu. Sehingga rasanya begitu kenyal dan kaya akan karbohidrat. Kemudian disajikan dengan siraman bumbu rempah begitu menyegarkan karena terdapat bumbu rempah seperti cabai, sahang, bawang merah dan sebagainya.

Penyajuannya sama seperti ketika kita menikmati bakso, ditaburi bawang goreng, kecambah, merica bubuk, saos dan sebagainya.

Pastinya sangat bernilai gizi tinggi.

Baca resepnya di tautan ini: cara membuat pantiaw bangka belitung.

4. Lakso

Lakso merupakan salah satu makanan tradisional dari bangka belitung yang rasanya enak.

Hampir mirip dengan pantiaw, karena sama sama terbuat dari bahan utama serupa tepung beras dan sagu. Perbedaanya terletak pada tata cara penyajian dan siraman kuahnya.

Lakso atau lakse dibentuk menyerupai spageti. Tak jarang dikatakan spageti nya orang bangka.

Berdasarkan sejarahnya, lakse sudah ada sejak masa pra kemerdekaan. Dahulu, makanan khas bangka belitung ini dijadikan sebagai menu hidangan pengganti nasi yang diberikan kepada pekerja penambang timah.

Pada umumnya, lakse akan ditempatkan pada daun mangkokan sebagai alasnya atau daun pisang.

Tata cara penyajiannya yakni dengan disirami kuah ikan tenggiri yang sudah di masak dengan bumbu bumbu rempah pilihan seperti kemiri, sahang, ketumbar dan sebagainya.

Baca resepnya di tautan ini: cara membuat lakso bangka belitung yang enak.

5. Martabak bangka

Martabak bangka ini rasanya legit dan pastinya enak banget.

Siapa yang tidak kenal martabak. Makahan khas bangka bernama martabak ini sudah menyebar hampir di setiap provinsi Indonesia.

Orang bangka sangat akrab dengan sebutan Ho Lo Pan.

Salah satu makanan asli dari bangka belitung berasal dari orang Hakka etnis tionghoa di bangka belitung.

Makanan ini masuk katagori kue basah yang paling banyak digemari bagi masyarakat bangka belitung dan orang indonesia, bahkan wisatawan hingga turis mancanegara.

Berbentuk bundar bulat membentang yang terbuat dari tepung terigu, mentega dan sebagainya dengan taburan biji wijen, coklat miesis, kacang tanah, keju dan sebagainya ditandai dengan ciri khasnya terdapat banyak rongga seperti sarang lebah.

Dominan rasanya begitu manis dan legit. Pastinya enak banget..

Martabak sangat mudah ditemukan di daerah bangka belitung. Terutama di waktu malam hari, banyak pedagang kaki lima menjajakan martabak dengan harga antara 25 ribu hingga 60 ribu rupiah.

Resepnya ada di tautan ini: cara membuat martabak bangka manis yang enak

6. Mie koba

Mie koba merupakan salah satu makanan asli dari kabupaten bangka tengah.

Mie koba berasal dari daerah bangka belitung kabupaten bangka tengah desa koba. Begitu terkenal karena rasanya yang enak dengan ciri khasnya berupa kuah bercampur bumbu rempah dan ikan tenggiri.

Sekilas tak jauh bedanya dengan mie ayam, karena terbuat dari bahan utama berupa gandum yang dibentuk menjadi mie kuning.

Walaupun berasal dari daerah koba bangka tengah, tak sulit menemukan mie koba di daerah bangka belitung lainnya. Banyak warung dan pedangan kaki lima menjajakan mie koba terutama di destinasi kuliner di bangka belitung.

Perbedaanya terletak pada tata cara penyajiannya terutama pada siraman kuah dengan dominasi campuran ikan.

Selain itu, tata cara menghidangkan mie koba layaknya seperti bakso. Ada bawang goreng, kecambah, perasan air jeruk nipis, kecap, saus sambal, daun selederi dan pentolan terbuat dari daging ikan tenggiri.

Sangat menyegarkan...

Resepnya ada di tautan ini: cara membuat mie koba bangka tengah yang enak.

7. Kricu

Kricu terbuat dari telur cumi cumi, seperti inilah bentuk kricu bangka belitung.

Kricu merupakan salah satu oleh oleh dari bangka belitung paling banyak diminati oleh masyarakat bangka dan wisatawan ketika berkunjung ke pulau bangka dan belitung.

Seperti kerupuk, namun rasanya berbeda.

Berbeda karena kricu terbuat dari telur cumi cumi. Kemudian dicampur dengan bumbu rahasia seperti sahang dan sebagainya.

Semakin banyak bahan utama berupa telur cumi, maka semakin mahal pula harga kricu, menandakan kricu berkualitas.

Harganya dapat mencapai Rp 200.000,- per kilogram untuk kricu berkualitas tinggi. Sedangkan kricu berkualitas biasanya dikisaran puluhan ribu saja.

Kricu dapat dijadikan buah tangan dari bangka belitung. Untuk membawa pulang kricu, ada banyak sekali toko oleh oleh disetiap sudut kota.

Rasanya begitu renyah, gurih dan garing. Cocok untuk camilan atau dapat pula dijadikan sebagai lauk pauk.

Resepnya ada di tautan ini: cara membuat kricu dari bangka belitung yang enak.

8. Otak otak

Otak otak bangka terbuat dari daging ikan tenggiri segar. Inilah yang menjadi perbedaan dari otak otak di daerah lainnya.

Otak otak bukanlah makanan yang terbuat dari otak hewan.

Dinamakan otak otak dikarenakan teksturnya lembut dan rasanya seperti bagian dari otak hewan.

Sebenarnya, otak otak tidak termasuk dalam makanan khas dari kepulauan bangka belitung. Karena hampir di daerah kepualan riau, sumatera selatan, jambi dan daerah lainnya juga memiliki makanan yang serupa.

Perbedaanya hanya pada bahan utama pembuatan dan kuahnya.

Otak otak bangka biasanya terbuat dari campuran daging ikan tenggi segar. Sedangkan kuahnya berupa sambal tauco, sambal terasi dan sambal biasa hanya berupa ulekan cabai.

Campuran daging ikan tenggiri dipadukan bumbu rempah khas bangka, kemudian akan ditempatkan pada daun pisang atau daun kelapa. Selanjutnya otak otak akan di panggang seperti membakar sate.

Cara menikmatinya, di cocol dengan kuah terasi, tauco atau cabe. Dapat juga dijadikan lauk.

Resepnya ada di tautan ini: cara membuat otak otak khas bangka belitung yang enak.

9. Mie belitung

Mie belitung ini layaknya seperti mie pada umumnya. Namun ciri khasnya terdapat pada kuah dan ada taburan udang di atasnya.

Sesuai dengan namanya, mie belitung berasal dari pulau belitung.

Berbeda dari mie koba, mie belitung memiliki ciri khas tersendiri yakni kuahnya terbuat dari rebusan daging udang, kentang rebus, mentimun dan taburan emping melinjo.

Mie belitung ini sangat terkenal di pulau belitung. Karena hampir disetiap sudut kota kabupaten belitung, pasti ada pedagang yang menjajakan kuliner lezat ini.

Penyajiannya yakni disirami kuah kuah kaldu udang. kentang rebus, saus, sambal dan sebagainya. Paling enak disantap ketik cuaca dingin bersamaan dengan minuman menyegarkan.

Ketika kamu berkunjung ke pulau belitung terutama daerah tanjung pandan, jangan lupa mencicipi nikmatnya kelezatan dari mie belitung yang tersohor di Jln Sriwijaya.

Tak sempat ke belitung, bikin aja sendiri di rumah.

Resepnya ada di tautan ini: cara membuat mie belitung yang gurih dan enak.

10. Barego

Barego adalah makanan tradisional khas pulau belitung.

Barego juga termasuk kuliner belitung yang cukup terkenal dan menjadi makanan favorite di belitung, bahkan dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Bisa dikatakan barego merupakan lontongnya orang belitung.

Sebenarnya barego tak jauh beda dengan lakso.

Karena sama sama terbuat dari tepung beras dan sagu. Hanya saja bentuknya berbeda.

Barego dibentuk seperti lontong. Adonan nya dituang di wadah almunium secara tipis. Ketika sudah dingin, adonan akan dipotong dan digulung berbentuk bulat.

Perbedaannya pada bagian kuah. Kuah barego lebih kental dari kuah lakso. Selain itu, bahan kuah terbuat dari kari rebusan udang segar.

Cara menikmatinya ada dua versi, pertama dengan cara mencelupkan barego ke kuah atau di cocol ke sambal. Kedua, menikmati barego layaknya seperti makan lontong sayur yakni menyirami barego dengan kuah diatasnya diberi taburan kerupuk, emping, saus sambal dan sebagainya seperti menikmati lontong sayur.

Resepnya ada di sini: cara membuat barego asli bangka belitung.

11. Kue jongkong

Kue jongkong bangka rasanya manis dengan tekstur lembut berkuah gula merah.

Kue jongkong merupakan salah satu kuliner di bangka belitung tergolong klasik. Sudah lama keberadaannya namun masih diminati oleh masyarakat bangka belitung.

Bahan utama dalam pembuatannya yakni tepung beras, tepung tapioka, santan kelapa dan gula kabung atau gula nira sebagai pelengkap. Teksturnya, mirip sekali dengan bubur sum sum yakni begitu lembut.

Kue jongkong memiliki dua warna, putih dan hijau.

Pada bagian putih terasa asin dan bagian hijau terasa agak manis. Tata cara penyajiannya akan ditempatkan di dalam sebuah wadah berbentuk gelas, bagian bawah terdiri dari cairan gula merah, selanjutnya warna hijau dan di bagian atas berwarna putih.

Tak sulit menemukan kue jongkong karena pada pedagang kue kaki lima di setiap pagi pasti menjajakan kue ini, apalagi ketika bulan ramadhan tiba maka kue jongkong pasti menjamur.

Ingin membuatnya, ikuti petunjuknya pada resep berikut: cara membuat kue jongkong bangka belitung yang enak.

12. Lempah kulat

Masakah lempah kulat bangka ini terbuat dari bahan dasar jamur pelawan.

Kamu pasti bertanya apa itu kulat ?

Bahasa bangka kulat bearti jamur. Lempah kulat adalah masakan berkuah khas bangka belitung yang terbuat dari bahan utama jamur pelawan.

Dapat pula digantikan jenis jamur lainnya.

Namun, sebagai ciri khas dari bangka belitung, lempah kulat terbuat dari bahan utama berupa jamur pelawan.

Jamur pelawan hanya tumbuh di hutan bangka belitung saja. Jamur ini hanya akan tumbuh ketika musim penghujan saja di sela sela kayu pelawan tua dari pohon pelawan. Itu artinya, jamur pelawan tumbuh sekali dalam setahun. Wajar saja jika harga jamur pelawan dapat mencapai jutaan rupiah per kilogram.

Lempah kulat terbuat dari bahan utama berupa jamur pelawan, santan kelapa dan bumbu bumbu rempah seperti sahang, kunyit, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih dan sebagainya. Terkadang, untuk menambah selera makan campuran daging ayam, sapi atau daging kambing juga ditambahkan.

Resepnya ada di sini: cara membuat lempah kulat ayam bangka belitung.

Itulah beberapa makanan khas bangka belitung yang layak kamu coba jika berkunjung ke pulau bangka belitung. Masih banyak lagi makanan tradisional lainnya yang belum saya sebutkan. Dilain kesempatan, artikel ini akan diperbarui.

Posting Komentar untuk "Unik, Inilah 12 Makanan Khas Bangka Belitung dan Resepnya"