Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Martabak Manis Bangka Terang Bulan Anti Gagal

Martabak bangka atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Bangka dengan nama hok lo pan merupakan salah satu jenis kuliner kue tradisional khas bangka. Dikota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Palembang, dan kota besar lainnya, banyak sekali dapat ditemui pedagang kaki lima yang menjajakan  martabak bangka ini.

Cita rasa yang khas dengan tekstur lembut dan memiliki rongga-rongga membuat daya tarik dari kuliner yang satu ini. Selain itu, lidah anda akan dimanjakan dengan sensari rasa legit, lembut, manis dan pokoknya terasa amat spesial yang anda memakannya.

Mau tahu rahasia membuat martabak bangka yang manis dan lembut anti gagal ? Ini dia resep martabak manis bangka dan cara membuatnya dilengkapi tutorial video pembuatan.

Di pulau Bangka Belitung, anda dapat menemui dan membeli martabak bangka yang dijual oleh pedagang kaki lima menjelang sore hari antara jam 16.00 - 21.00 dengan pilihan aneka rasa. Ada rasa keju, misies ceres, kacang tanah, coklat atau atau anda dapat mengkombinasi berbagai macam rasa dan tinggal pesan.

Menikmati selagi hangat akan membuat lidah anda menggigit karena manisnya rasa martabak. Penjual martabak biasanya menjual kue kuliner ini dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan dengan rasa dan ukuran besar kecilnya. Umumnya, di Pulau Bangka Belitung, dengan ukuran loyang normal harga martabak antara Rp 25.000,00 - Rp 30.000,00 per/loyang ukuran normal. Untuk martabak keju biasanya harga lebih mahal.

Untuk menikmati legitnya martabak yang begitu spesial, kini anda tak perlu membelinya. Dengan membuatnya di rumah anda dapat menikmati enaknya martabak bersama orang terdekat atau keluarga di rumah, jika mengikuti petunjuk resep martabak manis bangka terang bulan berikut ini dengan cara yang mudah dilengkapi video tutorial pembuatan :

Bahan Utama Pembuatan :
  • 125 gram tepung terigu
  • 100 cc santan kelapa kental
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sdt ragi instant
  • 1 sdt vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram mentega
  • 2 butir telur ayam
Bahan Taburan / isi :
  • Gula pasir
  • susu kental manis
  • Keju cheddar, meises
  • Untuk bahan isian juga bisa disesuaikan dengan selera anda

Cara Membuat Martabak Manis Bangka :
  1. Kocok hingga rata telur, gula, ragi, vanili, mentega dan ragi
  2. Kocok tepung terigu  bersamaan dengan santan kental. Tambahkan no.1 ke dalam no. 2. Kemudian kocok hingga merata dan tidak ada yang menggumpal
  3. Diamkan adonan selama 1 jam lamanya
  4. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil dan olesi dengan minyak atau margarin agar adonan tidak lengket di loyang. kemudian tuangkan adonan martabak ke dalamnya. Biarkan hingga adonan mengeluarkan buih dan berongga. Taburkan gula pasir kemudian tutup sampai matang. 
  5. Angkat martabak dari cetakan, letakan pada talenan kemudian olesi margarin dan taburi dengan meses atau keju dan kemudian tuangi dengan susu kental manis. 
  6. Belah menjadi dua bagian dan tumpuk sehingga membentuk setengah lingkaran. Potong potong menjadi beberapa bagian, 
  7. Kue martabak manis bangka siap untuk dinikmati.
Video tutorial pembuatan martabak bangka :


Nikmati selagi panas atau hangat. Selamat mencoba dan selamat menikmati. jika ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan, silahkan kesediaanya meniliskan komentarnya di bawah artikel ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Martabak Manis Bangka Terang Bulan Anti Gagal

0 komentar: