Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filosofi Senam Bedincak Bangka Belitung, Sudah Tau Belum ?

Mungkin bagi kamu baru kali pertamanya mendengar nama tarian senam bedincak. Lain halnya ketika saya menyebutkan nama jenis tarian senam poco poco, senam maumere, senam pinguin dan senam lainnya yang cukup familiar.

Oke baiklah..

Kamu pasti berfikir, seperti apakah gerakan dari senam ini ? dari mana asal senam bedincak ini ? siapa penciptanya ? apa arti dari kata bedincak ? dan sebagainya.

Mari kita mengenal asal usul senam bedincak dan arti dari kata bedincak terlebih dahulu serta penciptanya.

Asal usul senam bedincak

Kata "bedincak" berasal dari bahasa daerah Bangka Belitung bearti "berjoget atau bergoyang". Secara keseluruhan, bedincak bearti gerakan berjoget/bergoyang disikapi dengan gerakan lincah dan riang. 

Dapat juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan arti bergoyang, menari, bersuka ria, bergembira riang dilatar belakangi dengan irama musik dari alat musik tradisional bangka belitung seperti dambus, gendang melayu dan sebagainya.

Sudah pasti donk, asal usul senam bedincak ini tentu saja berasal dari daerah Bangka Belitung.

Tarian senam bedincak ini memang tergolong baru karena pada bulan September dan Oktober tahun 2019, pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung dengan gencarnya memperkenalkan senam ini ke seluruh masyarakat bangka belitung terutama pada instansi pemerintahan, sekolah sekolah, masyarakat umum melalui serangkain agenda, perlombaan dan sebagainya.

Sudah tahu belum? ini makna dan filosofi senam bedincak bangka belitung.

Penasaran kan dengan pencipta senam bedincak ini siapa ?

Tentu saja, penciptanya adalah warga asli dari daerah Bangka Belitung yakni Ibu. Sukma Wijaya dan Bpk. Rian Perkasa, seorang Sarjana Olahraga berasal dari Kabupaten Bangka kota Sungailiat sekaligus atlit senam berprestasi.

Sedangkan iringan lagu senam bedincak diciptakan oleh Artono dengan Vokalis Joe Aska band yang merupakan putra daerah Bangka Belitung dari Sungailiat, Kenanga. 

Filosofi senam bedincak

Nah, kamu tadi sudah mengetahuinya bukan tentang arti dari kata "bedincak" di atas ?

Sedangkan filosofi senam bedincak ini sebagai berikut :

Senam bedincak adalah kreasi senam yang diciptakan oleh Rian perkasa dan Sukma Wijaya dengan harapan dapat mencari ciri khas senam dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Karena selama ini, tarian senam yang seringkali digunakan dalam agenda rutin senam setiap Jum'at nya di beragam instansi pemerintahan, sekolah sekolah dan sebagainya menggunakan tarian senam poco poco, senam maumere dan sebagainya.

Dengan adanya tarian senam bedincak ini diharapkan Bangka Belitung memiliki ciri khasnya tersendiri.

Karena pada tarian senam bedincak dilengkapi dengan beragam unsur pendukung yang merupakan ciri khas daerah negeri serumpun sebalai Bangka Belitung diantaranya seperti lantuan irama musik, gerakan tari, memiliki sisipan unsur kebudayaan, tradisi dan sebagainya.

Harapan penciptanya juga menambahkan, senam bedincak diharapkan bukan hanya menjadi senam kesehatan semata.


Namun, lebih dari itu yakni dapat dijadikan sebagai senam budaya dari Bangka Belitung yang patut dibanggakan sebagai identitas seni dan budaya dari daerah Bangka Beliung serta dapat disejajarkan senam dari daerah lainnya yang saat ini sudah populer.

Tutorial senam bedincak

Adapun tutorial tarian senam bedincak dapat kamu lihat pada video di bawah ini :


Posting Komentar untuk "Filosofi Senam Bedincak Bangka Belitung, Sudah Tau Belum ?"