5 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Rambutan banyak ditanam sebagai pohon buah. Apalagi di negara Indonesia, buah rambutan sudah tak asing lagi bagi masyarakat kita. Tekstur daging buah yang lembut terasa asam manis membuat buah rambutan banyak diminati.

Bahkan ketika musim buah tiba, rambutan bukan hanya dinikmati dengan cara dimakan bagian dagingnya begitu saja. Ada banyak orang memanfaatkan bagian dagingnya untuk diolah sebagai manisan, selai, minuman menyegarkan, kue dan sebagainya.

Ternyata bukan hanya buah saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya vitamin C, bagian lainnya biji, kulit buah hingga kayu juga memiliki khasiat

Ternyata bukan hanya buah saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan vitamin C, bagian lainnya seperti biji, kulit buah, daun hingga kayu juga memiliki khasiat untuk mengobati ragam penyakit. Diantaranya:

1. Sariawan

Untuk menghilangkan sariawan kita akan menggunakan kayu rambutan. Cara menggunakannya yaitu ambil 3 ruas jari kayu rambutan basah yang telah dikupas dari kulit luarnya. Cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Selagi hangat gunakan air rebusan ini untuk berkumur.

2. Menurunkan Demam

Sediakan kulit buah durian tanpa rambutnya sebanyak 15 gram. Cuci bersih dan rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air bersih. Tunggu air rebusan hingga dingin dan minum1/4 gelas selama demam setelah makan.

3. Menghitamkan Rambut

Masih usia muda tetapi rambut kamu sudah terlihat ada ubannya karena efek samping penggunaan minyak rambut. Nah, salah satu solusi alami dan aman digunakan untuk menghitamkan rambut adalah dengan menggunakan daun rambutan.

Cara menggunakannya:
  • Sediakan segenggam daun rambutan agak tua dalam kondisi segar
  • Tumbuk hingga halus
  • Tambahkan air hingga membentuk seperti bubur
  • Saring dan ambil sarinya
  • Gunakan air tersebut untuk membasahi rambut
  • Diamkan selama 20 menit dan bersihkan rambut dengan conditioner
  • Lakukan cara ini 1 minggu 5 kali penggunaan hingga rambut menghitam

4. Obat Kencing Manis


Sediakan 5 buah biji rambutan kering. Kemudian, giling halus hingga menjadi serbuk. Seduh serbuk biji rambutan dengan air panas dan tambahkan 2 sendok makan madu murni. Selagi hangat, minum dengan dosis 2 kali dalam sehari.

5. Mengatasi Disentri

Disentri adalah penyakit peradangan usus hingga menimbulkan gejala diare parah. Salah satu solusi alami untuk mengatasi ketika gejala disentri menyerang adalah dengan ramuan kulit buah rambutan.

Cara menggunakannya yaitu:
  • Sediakan 10 kulit buah rambutan
  • Buang bagian rambutnya dan potong menjadi beberapa bagian
  • Cuci hingga bersih dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya
  • Minumlah air rebusan ini sebanyak 1/4 gelas dengan tambahan 1 sdt gula batu
  • Minum dengan dosis 2 kali sehari setelah makan 
Banyaknya manfaat pohon rambutan bagi kesehatan tak lepas dari kandungan senyawa fitokimia di dalamnya. Kandungan buah rambuatan terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, besi, kalsium, vitamin C dan fosfor. Bagian biji terdapat senyawa polifenol. Daun mengandung tanin dan saponin. Sedangkan bagian kulit batang terdiri dari senyawa flavonoid, saponin, tanin, pectic subtances dan zat besi.

Efek Samping Buah Rambutan

Tingginya kadar gula pada buah rambutan yang matang dapat mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah. Selain itu, kadar gula pada buah ini ketika dicerna oleh tubuh akan menghasilkan alkoohol. Sehingga, sangat tidak disarankan dikonsumsi secara berlebihan khususnya bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi buah rambutan dalam keadaan perut kosong juga dapat menimbulkan perut mulas.




Iklan Bawah Artikel