Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Kue Semprit Khas Bangka Lembut dan Enak

Kue semprit biasanya dapat ditemui dengan mudahnya pada saat momen lebaran atau natalan disajikan di dalam toples kaca untuk menjamu tamu yang datang ke rumah.

Kue ini terbilang jadul. Namun, soal rasa tetap melekat di hati masyarakat Indonesia termasuk daerah bangka belitung.Dinamakan sempret hal ini dikarenakan pembuatannya dengan cara disemprit menggunakan cetakan khusus.

Bentuk kue dapat ditemui berbagai bentuk, tergantung selera pembuatan dan cetakan yang digunakan oleh pembuat kue. Pada umumnya berbentuk persegi panjang, bunga mawar, segitiga dan sebagainya. Perpaduan warna juga dapat sesuai selera, misalnya warna putih, hijau, dan coklat

Temukan resepnya pada artikel ini.

Walaupun kue ini kerapkali hadir pada saat momen tertentu saja, bukan bearti untuk menikmatinya hanya pada saat momen tersebut. Dihari hari biasanya, kita juga dapat membuatnya kapan waktu tanpa harus menunggu momen tahunan.

Resep kue semprit bangka:

Bahan Utama Pembuatan :
  • 100 gram kismis
  • 200 gram mentega
  • 150 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur1 butir putih telur
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 380 gram tepung terigu
  • 40 gram tepung maizena
Cara membuat kue sempret:
  1. Rendamlah kismis ke dalam putih telur, lalu sisihkan. 
  2. Ayaklah tepung terigu beserta tepung maizena dan sisihkan. 
  3. Selanjutnya kocoklah mentega, gula halus, kuning telur serta vanili, lalu tambahkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Ambilah adonan yang sudah jadi secukupnya, lalu cetaklah dengan cetakan kue semprit diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin. 
  5. Berilah potongan kismis pada tengah-tengah kue. 
  6. Panggalah kue semprit di dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius selama kira-kira 20 menit hingga matang. 
  7. Keluarkan dan biarkan beberapa saat hingga dingin
  8. Simpan kue kedalam toples kedap udara atau di dalam perut anda. hehe...
Anda dapat menggunakan pewarna kue seperti coklat, hijau, merah dan sebagainya untuk menambah daya tarik ketika menyantapnya. Selain itu, anda dapat mencetak adonan dengan cetakan kue kembang atau jenis lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Semprit Khas Bangka Lembut dan Enak