Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

12 Pertanyaan Tes Wawancara Kerja dan Jawabannya

Bagi anda yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan kemudian akan memasuki dunia kerja pada sebuah perusahaan, lembaga, instansi atau penyedia lowongan kerja lainnya, perlu adanya suatu upaya agar apa yang anda harapkan terwujud.

Saat mengirimkan surat lamaran pekerjaan kemudian ada panggilan untuk anda mengikuti serangkaian tes wawancara kerja, tentunya sangat merasa senang sekali.

Namun demikian, kiranya ada hal yang perlu anda ketahui dan persiapkan sebelum hari tes interview kerja itu berlangsung.

Hal tersebut perlu dilakukan, jangan sampai ketika anda sedang mengikuti seleksi tes psikotes kerja, perasaan canggung, gugup, bingung apa yang harus dilakukan ketika ada beberapa pertanyaan yang diajukan dan sebagainya. Jangan sampai hal itu terjadi, agar persentase kelulusan anda semakin besar.

Kebanyakan perusahaan, lembaga, instansi atau penyedia lowongan pekerjaan saat ini, lebih mengutamakan tes wawancara kerja ketimbang surat lamaran pekerjaan yang anda ajukan berisikan panjang lebar riwayat pendidikan anda.

Jika dihitung secara persentase, CV yang anda kirimkan skornya (30 - 40 %) saja, selebihnya mengenai diterima atau ditolaknya anda, ada pada saat interview kerja ( 60 - 70 %).

Pelajari beberapa pertanyaan dan jawaban tes wawancara di artikel ini.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepribadian seseorang, sikap, gaya bicara, mimik wajah, respon aktif dan sebagainya itulah point penting yang dinilai.

Selaku admin, saya akan memberikan tips terlebih dahulu sebelum anda mengikuti serangkaian tes. Diantaranya sebegai berikut:
  • Datanglah 30 menit sebelum interview dimulai
  • Kenakan pakaian rapi ada baiknya kemeja, bersepatu, wangi dan tampilan oke seperti rambut disisir, jika wanita berjilbab atau tidak gunakanlah pakaian yang rapi
  • Bawalah perlengkapan alat tulis seperti bolpoint, pensil, penggaris, buku tulis dan tipe-x
  • Pastikan kondisi anda vit
  • Perhatikan aroma nafas anda, jangan sampai berbau ada baiknya membawa permen mint yang digunakan saat interview
  • Berilah raut wajah yang sopan, percaya diri namun jangan berlebih fresh dan tidak galau
  • Ketika menjawab pertanyaan, jawablah dengan nada sopan dan tidak memotong kalimat jika penanya akan bertanya kepada anda
  • Ketika menjawab, jawablah seperlunya saja tidak perlu melebar kesana sini
  • Usahakan untuk menatap lawan bicara anda pada saat interview, bersikaplah percaya diri namun jangan berlebihan.
  • Berilah raut wajah yang ramah, tidak galau
  • Berilah jawaban setiap pertanyaan dengan tenang, hindari memotong kalimat atau memaksakan sesuatu.
  • Sikap tenang jika ada pertanyaan, jangan gelisah seperti banyak bergerak
  • Saat memasuki ruang interview, sapalah penanya misalnya dengan kata, siang, pagi atau yang lainnya

Inilah 12 pertanyaan tes wawancara kerja dan jawabannya:

1. Silahkan perkenalkan diri anda

Jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat, jelas dan seperlunya saja, misalnya: nama saya chika, umur : 23 tahun. Saya lulusan sarjana matematika tahun 2013. Sejak SMA memang saya senang sekali dengan matematika.

Banyak yang mengatakan matematika itu sulit, tetapi saya ingin membuktikan bahwa matematika itu sebenarnya mudah dipelajari asalkan ada kesungguhan untuk mempelajarinya. Saya pernah menjadi assisten lab dikampus. (Bila perlu tambahkan pengalaman kerja lainnya secara singkat saja)

2. Kenapa anda memilih untuk bekerja perusahaan ini

Pertanyaan ini sedikit menjebak, Ungkapkan apa yang anda ketahui dengan perusahaan tersebut. dan yakinkan pewawancara bahwa anda memiliki kemampuan yang sedang dibutuhkan. Dalam hal ini, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi perusahaan yang hendak anda lamar.

3. Apa yang anda lakukan jika anda dimarahi oleh atasan

hmm... pertanyaan ini pernah admin dapatkan dan admin menjawabnya pada waktu itu dengan jawaban menerimanya dan akan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat.

Sepertinya itu jawaban kurang tepat.

Jawablah, jika itu adalah sebuah kesalahan yang telah saya perbuat karena kelalaian dalam hal kerja, hal itu akan menjadi motivasi kerja yang lebih tinggi lagi dan akan saya perbaiki agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi

4. Berapa besar gaji yang anda harapkan

Untuk menjawab pertanyaan ini, sepertinya anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa kisaran gaji untuk posisi yang anda lamar sehingga masih dianggap wajar.

Tidak perlu menjawab dengan nominalnya sekian, cukup menjawabnya : Kalau masalah ini, saya yakin perusahaan akan memberikan yang sepantasnya sesuai dengan posisi yang akan saya lamar.

5. Menurut pendapat anda, adakah yang kurang menarik dengan posisi kerja yang anda lamar saat ini 

Gunakanlah kejujuran dalam menjawabnya, jika itu tidak ada, jawablah tidak. Jika itu ada, ungkaplah.

Yakinkan kepada pewawancara, jika anda menjawab ada yang kurang menarik mengenai posisi kerja yang saya lamar ini, akan tetapi saya sendiri mempunyai solusi dari permasalahan tersebut dengan cara ..., sampaikan dengan meyakinkan dan bahasa yang sopan

6. Kenapa kami harus menerima anda

Menjawab pertanyaan ini janganlah terlalu percaya diri dengan kesombongan. Jawablah dengaan tepat misalnya : ceritakan tentang pengalaman anda yang sesuai dengan profesi yang anda lamar.

Sebagai contoh "bagian administrasi" : Jika fresh graduated, saya pernah mengerjakan tugas mata kuliah .... yang diberikan dosen kepada saya, dari situ saya mendapatkan predikat terbaik dari teman saya yang lainnya.

Disamping itu, tugas tugas lainnya yang terkait dengan administrasi seperti.... pernah saya kerjakan dan ...

7. Apa tujuan anda bekerja di perusahaan ini

Ungkapkan bahwa anda akan mengaplikasikan kemampuan dan ilmu yang dimiliki untuk kemajuan perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan ini tidak perlu merambah kepermasalahan finansial pribadi atau cerita panjang lebar kesana kesini.

8. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami

Tentunya terlebih dahulu, anda harus mencari informasi perusahaan yang anda lamar. Pelajari profile seperti sejarah, bergerak dibidang apa dan sebagainya. Namun, ketika anda menyampaikan jawabnya, jangalah anda seolah-olah merasa tahu segalanya sampaikan dengan singkat dan jelas. Misalnya : Yang saya tahu tentang perusahaan ini adalah perusahaan ini bergerak dibidang ..

9. Apakah anda bersedia kerja lembur 

Jawablah dengan jujur, jangan sampai jawaban anda hanya membuat penanya menjadi senang. Jika tidak katakan tidak dan kenapa alasannya dengan jelas.

10. Jika anda diterima, berapa lama anda akan bekerja di perusahaan ini

Kalimat positid mesti anda berikan kepada sang interview. Berikanlah jawaban yang tepat seperti "selama apa yang saya berikan pada perusahaan, kemudian perusahaan puas dengan hasil kinerja saja, selama itulah saya berkerja di perusahaan ini"

11. Kenapa anda meninggalkan perkerjaan yang lama

Pertanyaan seperti ini tentunya perlu dijawab dengan tepat jangan sampai anda menjawabnya karena alasan diberhentikan, tidak betah atau alasan negatif lainnya. Ada beberapa alasan untuk menjawabnya, misalnya ditempat lama anda bekerja saya sulit mengembangkan potensi diri karena ...

12. Apakah anda ada pertanyaan

Biasanya pertanyaan ini disampaikan diakhir sesi interview. Perlihatkan bahwa anda begitu antusias dengan posisi yang anda lamar misalnya menanyakan deskripsi pekerjaan anda lamar.

Mudah - mudahan dengan adanya informasi di atas, anda tidak perlu lagi merasa gugup dalam menghadapi tes wawancara dikemudian hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Pertanyaan Tes Wawancara Kerja dan Jawabannya

12 Pertanyaan Tes Wawancara Kerja dan Jawabannya