Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja dibuat bertujuan untuk memperkenalkan data diri anda secara singkat kepada pihak perusahaan. Sehingga, dalam proses pembuatannya anda pun harus benar tanpa ada kesalahan sedikit pun.

Misalnya saja tentang penggunaan kalimat, kerapian dalam menulis, struktur tulisan (paragraf), isi surat lamaran, format tulisan, penempatan tanda titik koma, dan komponen lainya.


Beberapa komponen didalamnya tak boleh terlewatkan antara lain:
  • Tempat dan tanggal penulisan surat
  • Alamat dalam / alamat tujuan surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat (kata pengantar, madsud dan tujuan surat, identitas singkat pelamar)
  • Penutup
Karena ini bagian penilaian yang penting dan menjadi pertimbangan.

Sebagai tips pelengkap, berikut ini cara membuat surat lamaran kerja di word yang benar:
  • Gunakan font arial 12
  • Ukuran margin. top : 2,25 left : 3,0 right : 2,25 button : 2,25
  • Menggunakan line space 1,5
  • Menggunakan bahasa baku, dan jangan ada sedikitpun terjadi kesalahan penulisan misalnya kekurangan huruf, kekurangan kata dan sebagainya
  • Memperhatikan tanda baca : cetak miring, cetak tebal dan tanda titik koma
  • Memperhatikan penempatan huruf besar dan kecil
Begitu juga jika anda membuatnya dalam tulisan tangan, kerapian menjadi faktor penentu.

Dengan tulisan tangan, akan lebih mudah pimpinan perusahaan melihat karakter kepribadian anda dari surat lamaran kerja yang sudah masuk. Untuk itu janganlah terburu-buru dalam hal menulis.

Berikut ini adalah diantara contoh surat lamaran kerja yang benar:
                                                             Pangkalpinang, 26 Desember 2014
Hal : Lamaran pekerjaan
Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan PT. Damai Sejahtera
di Pangkalpinang

Dengan hormat,


Bersama dengan surat ini saya bermadsud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung dan berkarier di PT. Damai Sejahtera sebagai Manager Operasional. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Arlin Febriyani Pertiwi
Tempat, tanggal lahir     : Pangkalpinang, 21 Febuari 2014
Agama                            : Islam
Alamat                            : Jl. Pelita Nusantara Rt/Rw : 03/07,
                                          Ds. Melati, Suka Makmur, Sleman, Yogyakarta
Telp                                 : 0812.1234.9999
Email                              : arlin.febriyani@yahoo.com

Saya adalah pribadi yang komunikatif, jujur, dapat bekerja sacara team work maupun sendiri serta dapat mengoperasikan komputer dan memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa inggris yang baik. Adapun sebagai pertimbangan bersama ini juga saya lampirkan berkas kelengkapan berupa :

1. Pas foto bewarna ukuran 2x3 dan 4x6
2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Foto copy Ijazah terakhir yang telah dilegalisir
4. Foto copy Transkip nilai yang telah dilegalisir
5. Foto copy sertifikat prestasi kerja
6. Foto copy sertifikat TOEFL
7. Foto copy sertifikat kurus aplikasi Ms. Office
8. Daftar riwayat hidup

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan dan seorang pekerja keras. Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Artlin Febriyani Pertiwi

Kemudian Lengkapi surat lamaran pekerjaan anda dengan data yang akan dilampirkan sesuai dengan 8 point di atas, bila perlu sertakan foto copy sertifikat pendukung lainya.

Dengan begitu, anda akan diprioritaskan dari pelamar lainya.

Sebagai tips :
Sebaiknya anda sendiri langsung mengantarkan berkas lamaran kerja tersebut ke perusahaan yang hendak anda lamar, bisa jadi itu akan menjadi penilaian plus dan bisa jadi akan ada informasi yang anda dapatkan.
Untuk mempermudah anda dalam membuat surat lamaran kerja sesuai dengan contoh di atas, berikut ini saya lampirkan file berupa word (.doc) dan adobe reader (.pdf) dan saya sertakan juga curiculum vitae nya.

Dengan begitu, tak perlu repot lagi untuk mengetik, tinggal download, edit identitas, alamat tujuan surat, dan lainya yang perlu diedit, setelah itu di print - beres deh.


Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang dan akan membuat surat lamaran pekerjaan. Saya doa'kan apa yang anda usahakan akan tercapai untuk mendapatkan pekerjaan yang anda impikan.