Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

8 Tips Membeli Hp Android Yang Berkualitas dan Murah

Smartphone berbasis operating system android semakin hari semakin di minati saja oleh pasar dunia, sejak peluncuranya pertama kali pada tahun 2007. Hal ini dikarenakan smartphone android memiliki banyak fitur ketimbang pnsel biasa tanpa layar sentuh.

Berbagai fitur menarik dari smartphone berbasis operating system android dan beberapa keunggulan diantaranya : 
  • Mudah diperuntukan untuk mengakses internet terutama sosial media 
  • Berbagai aplikasi dapat terinstall di play store dalam versi free maupun berbayar dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna
  • Mendukung semua layanan google seperti gmail, youtube
  • Fasilitas USB untuk mengisi daya baterai dan transfer data 
  • Aplikasi media mendukung gambar, audio dan video dalam format (MP4, MPEG4, AAC, H.264, MP3, AMR, 3GP, AVI, JPG, PNG, GIF) 
  • Dapat membuka file office sehingga memudahkan bagi mereka yang membutuhkan dalam dunia bisnis
  • Dan berbagai kelebihan lainya 
Semakin menarik fitur, spesifikasi dan type yang ditawarkan, biasanya semakin tinggi harga smartphone tersebut. Jika dana yang dianggarkan tidak mencukupi untuk membeli hp android dengan kualitas tinggi tersebut, anda tidak perlu kuatir.


Anda dapat menikmati hp android dengan harga yang murah dan berkualitas. Namun, kita harus jeli dalam memilihnya. Beberapa tips dibawah ini mungkin akan membantu anda.

Berikut ini adalah 8 tips membeli hp android berkualitas dan murah:

1. Memilih Spesifikasi Sesuai Dengan Kebutuhan

Tujuan anda menggunakan Hp android untuk keperluan apa saja ?

Memperhatikan spesifikasi adalah hal utama menurut saya. Kebutuhan seseorang pastinya selalu bersentuhan dengan internet pastinya berbeda dengan kebutuhan seseorang pecinta game ponsel.

Maka dari itu, dalam memilih hp android berdasarkan spesifikasi perlu melihat dua katagori yaitu hardware dan fitur pendukung:

Berdasarkan Hardware :
  • Memiliki RAM 1 GB
  • Processor minimal 1 GHz
  • Dual SIM
  • Internal memory minimal 8 GB
  • Kapasitas baterai minimal 1.200 - 1.600 mAh
  • Kapasitas eksternal memory minimal 4 - 8 GB
  • Minimal kamera 5 MP
  • Memiliki fitur network 4G dan lainya
Fitur pendukung tersebut seperti : 
  • Support aplikasi media pendukung audio, gambar dan video termasuk video call, mendukung format bertype (MPEG4, AVI, H.264, 3GP, MP3, AAC, MP4, AMR, JPG,PNG, GIF), Mendukung networking diantaranya Wi-Fi Hotspot, 3G, HSDPA (sehingga memungkinkan untuk aktivitas online), Bluetooth, dapat membuka file office dan Support Java, Memiliki navigasi touchscreen dan sebagainya.
Fitur pendukung ini sebenarnya tergantung pada spesifikasi hardware yang anda pilih, semakin tinggi spesifikasi hardware maka peforma maksimal dalam menggunakan fitur pendukung semakin yahut.

2. Pilih Berdasarkan Harga

Dalam dunia elektronik, harga biasanya dapat bicara, apakah product ditawarkan berkualitas atau tidaknya. Semakin mahal maka kualitasnya dapat dipastikan semakin OKE.

Namun, tak selamanya hal tersebut menjadi sebuah pepatah, kejelian adalah kuncinya untuk mendapatkan HP android murah berkualitas. Kejelian dapat diukur dengan memperhatikan spesifikasi hardware dan fitur pendukung yang ditawarkan.

Misalnya, anda akan membeli smartphone advan S5. Pada toko si A harga ditawarkan 978.000 kemudian pada toko si B 1.024.000. Tentu kita lebih memilih toko si A karena product yang ditawarkan sama. Informasi mengenai harga dan spesifikasi dapat anda cari di internet ataupun tabloid smartphone.

4. Merk Tidaklah Terlalu Penting

Kebanyakan mindset kita bekerja, bahwa merk tertentu dapat dipastikan sudah memiliki kualitas tahan uji. Memang terkadang brand terkenal demikian adanya.

Namun, tak selamanya juga hal demikian benar.

Hingga saat ini smartphone berlabel seperti samsung, oppo, nokia, LG merupakan brand ternama, tentunya bicara soal harga pastinya memberikan nilai lebih tinggi dari lainya. Jika kemampuan dompet kurang memungkinkan, merk bukanlah segalanya. Maka pilihlah peforma smartphone sesuai dengan kebutuhan.

5. Perhatikan Garansi Product

Garansi digunakan apabila ada kesalahan/kerusakan produksi berasal dari pabrik. Jika terjadi kerusakan ternyata penyebabnya adalah kesalahan produksi dari pabrik, maka kita pun akan mendapatkan jaminan product. Garansi minimal paling tidak 1 tahun.

6. Coba Ditempat

Walaupun kartu garansi ada, ketelitian dalam membeli smartphone harus diperhatikan.

Misalnya, apakah kamera sudah berfungsi dengan baik menghasilkan kualitas gambar sesuai dengan pixel nya, apakah aplikasi yang ada dapat befungsi dengan baik, apakah networking dapat bekerja, apakah kelengkapan seperti charger, headset, casing masih dalam kondisi oke, dan pertimbangan sebagainya.

7. Operating System Terbaru

Pada umumnya sebagian besar smartphone android memiliki operating system jellybean, kitKat dan Lolipop. Selain itu, ada pula versi lainnya seperti marshmallow, donut, eclair, froyo dan sebagainya. Pastikan operating system tersebut telah diinstall dalam versi terbatu agar terhindar dari serangan virus dan mendapatkan lebih banyak fitur.

8. Cari Informasi

Ini adalah bagian terpenting, informasi mengenai spesifikasi, harga, fitur pendukung dan sebagainya mengenai smartphone android yang akan anda beli, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu diberbagai media. Media online adalah pilihan yang tepat, misalnya seperti situs lazada.

Banyak referensi yang ada, bandingkan, pilih sana pilih sini, kemudian tentukan pilihan yang tepat. Banyak referensi dibutuhkan dengan tujuan agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Itulah beberapa tips membeli hp android yang berkualitas dan murah. Untuk mendapatkan hp android mudah berkualitas memang perlu banyak pertimbangan untuk memberikan kenyamanan saat kita menggunakanya nanti, jangan sampai setelah kita membeli suatu product nantinya, terpikirkan "kenapa juga aku membeli yang ini?"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Tips Membeli Hp Android Yang Berkualitas dan Murah

8 Tips Membeli Hp Android Yang Berkualitas dan Murah