Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siput Gonggong Oleh Oleh Bangka Belitung Bergizi Tinggi

Sebagian besar buah tangan atau oleh oleh yang berasal dari Bangka Belitung berupa hasil dari laut yang dapat dibawa pulang, salah satunya adalah siput gonggong.

Mungkin terdengar sedikit aneh tentang namanya, gong gong. Seperti anjing mengonggong kah ?

Tidak seperti itu.

Hingga saat ini saya sendiri tidak mengetahui alasannya kenapa hewan laut ini diberi nama siput gonggong. Tidak mungkn mengonggong, mungkin saja karena bagian tubuh dari siput ini menjulur ketika ia bergerak.

Bentuk hewan laut siput gonggong.

Seperti apakah bentuk dari siput gonggong ? Bentuknya dapat anda lihat seperti pada gambar di atas. Siput gonggong salah satu tangkapan hasil laut.

Berdasarkan hasil uji laboratorium dapat diketahui nilai gizi makro per 100 gram Siput Gonggong Goreng antara lain karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, Protein 31,19 dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori. (DINKES Bangka Barat)
Siput gonggong dapat diolah menjadi santapan lauk saat pauk atau menjadi makanan cemilan.

Baca yuk: sambal lingkung bangka belitung, begini cara membuatnya.

Dapat direbus seperti halnya merebus kerang dengan cara mencongkel daging yang terdapat didalam cangkang siput gonggongDapat direbus seperti halnya merebus kerang dengan cara mencongkel daging yang terdapat didalam cangkang siput gonggong atau dapat diolah menjadi bentuk lainnya, di tumis atau sesuai selara.

Salah satu oleh - oleh saat anda mengunjungi pulau bangka belitung adalah kerupuk siput gonggong atau siput gonggong goreng. Cita rasa yang renyah dan lezat kriuk kriuk saat dimakan membuat ketagihan saat mencicipinya.

Harga per 250 gram kerupuk siput gonggong atau siput gonggong goreng senilai IDR 60.000 - 90.000 tergantung cita rasa dan kualitas. Harga tersebut sudah sesuai dengan cita rasa serta kandungan gizi yang terdapat didalam siput gonggong.

Sebenarnya bukan hanya wilayah bangka belitung saja yang mempunyai oleh - oleh siput gonggong. Wilayah seperti Batam juga memiliki makanan khas ini. Perbedaannya biasanya dari segi rasa.