Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Nama Nama dan Jenis Batu Akik di Indonesia

Indonesia memang kaya akan jenis batu akik guys.. hingga saat ini trend "zaman batu" masih cukup populer diperbincangkan sambil menikmati secangkir kopi panas bersama teman di malam minggu. 

Hal tersebut dibuktikan akhir-akhir ini, banyak dari mereka - pengerajin dan pemilik batu akik - unjuk ketangkasan jenis batu akik asal daerahnya masing-masing seperti yang dilansir dari berbagai media online ternama, tribunnews, detik, dan sebagainya.

Batu akik adalah batu olahan yang sudah jadi berbahan dasar batu mulia diperoleh dari alam berupa fosil atau bentukan dari beberapa komponen kimia terbentuk dari proses geologi dengan rentang waktu cukup lama.



Batu akik yang berasal dari Indonesia, sudah mampu menembus pasar internasional. Salah satunya adalah batu kalimaya asal Banten yang mampu masuk ke 4 negara besar seperti Malaysia, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Nama Batu Akik di Indonesia

Mungkin saja, anda hanya mengetahui beberapa jenis batu akik saja seperti kalimaya, giok, kinyang dan sebagainya. Padahal, di Indonesia terdapat ratusan jenis batu akik tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.

Sudah tahukah anda? 

Di bawah ini adalah mari kita mengenal nama-nama dan jenis batu akik yang tersebar di setiap daerah di Indonesia :

1. Pulau Sumatera

Dari aceh hingga lampung, kita mengenal batu akik diantaranya adalah batu indocrase atau batu yang bewarna hijau lumut atau batu giok bewarna hijau, giok nefrit, fluorit, aventurin, kuarsa merah jambu, serpentin, kristal kuarsa, idokras (Aceh). 

Sumatera Barat (kecubung ungu, garnet, sungai dareh, serpentin, idokras), Riau (Limau manis, teratai, kecubung air), Jambi (koral tersilisifikasi, fosil kayu), Bengkulu (Raflesia merah) Sumatera Selatan (Kinyang air, kinyang es, Kalsedon biru, kecubung aleksandrit, fosil kayu), Bangka Belitung (Satam, kiyang air, kinyang es, kinyang teh), Lampung (batu teratai, batu bungur tanjung bintang).

2. Pulau Jawa

Kita mulai dari Banten (opal, geode, akik, fosil kayu, kalimaya), Jawa Barat (krisokola, krisopras, opal biru, batu bungbulang, batu sabun, batu pancawarna), Jawa Tengah (giok Jawa, heliotrop, tektit, batu luk ulo), Yogyakarta (Kalsedon), Jawa Timur (karnelian, kalsedon, geode).

3. Pulau Kalimantan

Bermula dari Kalimantan Selatan (intan martapura, prenhit, rodonit akik, tektit), Kalimantan Barat (Kecubung ketapang), Kalimantan Tengah (kecubung biru terong, kuarsa asap, sitrin), kristal kuarsa).

4. Pulau Sulawesi

Sulawesi Tenggara (krisopras, opal hijau), Maluku Utara (krisokola kuarsa, jasper, kalsedon, karnelian), Sulawesi Tengah (serpentin, jasper), Sulawesi Barat (Batu ngalo), Sulawesi Utara (Batu Taulud).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nama Nama dan Jenis Batu Akik di Indonesia

Nama Nama dan Jenis Batu Akik di Indonesia