Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat

Segala aktivitas sehari-hari dapat kita kerjakan dengan leluasa dan akan maksimal hasilnya jika kita selalu menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan adalah faktor penting amat berharga. 

Bayangkan jika kita kondisi tubuh tidak sehat atau sakit, ragam aktivitas keseharian akan tertunda dan akan mengeluarkan biaya tak sedikit nantinya.

Tubuh manusia memang rentan terhadap penyakit apalagi saat kondisi cuaca yang kurang baik serta asupan pola hidup sehat yang buruk. 

Hal tersebut akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh / sistem imun pada tubuh manusia akan menurun. Jika itu terjadi, berbagai macam penyakit ringan seperti flu, batuk-batuk, dan lainya akan menyerang. Apabila diremehkan/tidak tertangani hal tersebut akan berdampak serius pada kondisi kesehatan semakin memburuk. 


Untuk itu, beberapa tips menjaga kesehatan tubuh berikut ini akan sangat bermanfaat untuk kita.

1. Istirahat

Setiap diri kita memiliki jam biologis kapan waktunya untuk istirahat. Anda sendiri yang mengetahuinya. Istirahat dengan cukup dan tidak memaksakan diri ketika tubuh mengalami keletihan. 

Pada umumnya waktu istirahat yang baik adalah malam hari, karena pada malam hari itulah regenerasi sel mati akan berganti ke kondisi baru, serta akan memproduksi hormon untuk menunjang aktivitas esok hari. Pola tidur dapat anda jadwalkan sendiri.

2. Banyak Minum Air Putih

Air putih sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Air putih dimaksud adalah air yang mengandung kadar mineral yang baik untuk tubuh dan tidak ada senyawa aktif didalamnya seperti pengawet, kandungan zat adiktif dan lainya. 

Saat mengkonsumsi air putih berfikirlah positif, bahwa air itu akan menyehatkan tubuh anda. Meminum air putih minimal 8 gelas sehari atau 1,5 liter - 2 liter per hari itu lebih baik.

3. Olahraga Rutin

Berolahraga yang baik yaitu berolahraga sesuai dengan kondisi tubuh anda dan dilakukan secara teratur. Olahraga yang rutin akan mejaga kesehatan fisik kita dan menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh serta mempelancar aliran darah. 

Sangat buruk bagi manusia jika tidak ada / jarang sekali olah raga dalam hidupnya. 

Dampak negatif yang akan ditimbulkan dalam jangka pendek maupun panjang akan mengakibatkan obesitas, penyakit degeneratif dini seperti penyempitan / penyumbatan pembuluh darah, kolestrol, struk, dan lainya.

Olahraga tak mesti membutuhkan waktu lama, jika tubuh sudah mengeluarkan keringat itu bearti kinerja sistem yang ada pada tubuh anda sudah bekerja sebagai detoksifikasi (mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat). 

Sebagai tips jika akan berolahraga, lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot tidak kaku, dan keram atau meminimalisir tingkat cedera fisik.

4. Memperhatikan Kebersihan

Lingkungan sekitar dimanapun kita berada menjadi peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Misalnya kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan dengan sabun saat usai BAB / dari kamar mandi, menjaga kebersihan rumah, terutama tempat tidur dan kebersihan diri seperti mandi yang teratur, kesehatan mulut dijaga dan sebagainya.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat 

Apa saja makanan sehat yang akan dikonsumsi ? 

Makanan sehat adalah makanan yang jika dikonsumsi tidak akan menimbulkan penyakit pada kesehatan tubuh. Contoh makanan sehat, mengandung vitamin, perbanyak makanan mengandung serat, konsumsilah makanan mengandung zat antioksidan alami, dan lainya. 

Hindari memakan makanan yang menimbulkan resiko tinggi terkena penyakit seperti makanan berlemak, berdaging, berlendir, berminyak dan sebagainya.

6. Menjaga Stabilitas Emosi

Emosi jahat tidak terkendali seperti marah, cemas, gelisah, kuatir dan sebagainya, itu akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Bisa jadi kesalahan aktivitas keseharian yang kita lakukan itu menjadi pemicu ketidakstabilan emosi pada diri kita. Hindari itu, pikirkan baik-baik sebelum melakukan sesuatu. 

Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah pisang, cukup baik menurunkan tingkat emosi terutama stress, selesaikan persoalan sedikit demi sedikit jika itu mengganggu pikiran, jika perlu ceritakan apa yang anda alami ke orang kepercayaan untuk berbagi mencari solusinya.

7. Pola Hidup

Kebiasaan buruk akan menjadi tabungan pemicu penyebab terjadinya kesehatan tubuh menurun. 

Misalnya, pola hidup kurang baik seperti merokok, sering begadang, meminum alkohol, mengkonsumsi makanan cepat saji, meminum minuman dalam kemasan botol, terlalu keseringan dan banyak memakan makanan mengandung kadar bahan pengawet tinggi dan terkontaminasi pestisida, dan sebagainya. Hindari itu sebisa mungkin jika anda sayang pada kesehatan diri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat