Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

17 Manfaat Madu Pahit Pelawan Bangka Tengah

Madu pelawan rasanya tidaklah seperti biasanya yaitu manis. Rasanya begitu pahit ketika menyentuh lidah dan tenggorokan. Akan tetapi, berdasarkan uji klinis rasa pahit tersebut ternyata menyimpan segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan madu pelawan berkualitas tidaklah mudah, pasalnya madu pelawan tersebut diambil dari sarang lebah liar yang ada di kawasan hutan pelawan melalui proses panen hanya 1x disetiap tahunnya.

Madu pelawan tidaklah sama dengan jenis madu lainya, tergolong kedalam jenis madu yang cukup langka. Lebah yang menghasilkan madu bernama Apis Dorsata hanya bersarang di pohon pelawan (Cyanometra Cauliflora) yang hanya hidup di hutan Pulau sumatera dan hutan Pulau Bangka. 

Untuk menghasilkan madu berkualitas, lebah Apis Dorsata menghisap sari madu dari bunga pelawan dan bunga hutan lainya. Dipastikan madu ini benar - benar alami, tidak terkontaminasi oleh pencemaran pestisida, polusi, dan bahan kimia apapun.


Selain itu, lebah apis dorsata hanya dapat hidup di hutan pelawan dan tak dapat diternakkan. Jika pun akan diternakan maka daerah yang paling cocok adalah berada di tengah hutan pelawan dan harus terlihat alami.

Khasiat Madu Pelawan Bangka Tengah 

Di pulau bangka, anda bisa mendapatkan madu pahit pelawan dengan mengunjungi hutan lindung pelawan di Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. 

Berbagai manfaat madu pelawan adalah sebagai berikut:
  1. Mengobati pilek (flu), batuk dan radang tenggorokan 
  2. Mengobati kanker dan tumor 
  3. Bagi penderita diabetes dapat menetralisir gula darah 
  4. Menyembuhkan luka bakar dan penyakit kulit 
  5. Dapat mengurangi nafsu makan untuk membantu proses diet 
  6. Melancarkan sirkulasi peredaran darah 
  7. Membantu mengobati rematik dan asam urat 
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh 
  9. Melancarkan vitalitas pria dan wanita 
  10. Membantu mengobati penderita tekanan darah tinggi, rendah dan kolesterol 
  11. Menyembuhkan asma, sinusitis dan polip 
  12. Menghilangkan bau badan 
  13. Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh 
  14. Memperbaiki kinerja jantung dan ginjal 
  15. Membantu kesembuhan terhadap penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, dll 
  16. Mengobati berbagai penderita alergi 
  17. Menguatkan fungsi jantung, ginjal dan liver
Dengan manfaat begitu luar biasanya dari madu pelawan dan cara mendapatkanya begitu sulit, hal wajar jika harga madu pelawan asli cukup mahal harganya dipasaran yang dapat mencapat IDR 200.000 - IDR 350.000 / 300 cc.

Jika anda mengunjungi kawasan wisata hutan namang, hanganya mungkin jauh lebih murah. Selain itu, disana anda dapat bertamasya di hutan pelawan dan merasakan ikut memanen madu pelawan ketika musin panen madu tiba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Manfaat Madu Pahit Pelawan Bangka Tengah

17 Manfaat Madu Pahit Pelawan Bangka Tengah