Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

9 Khasiat dan Manfaat Lada atau Sahang Untuk Kesehatan

Sahang atau lada atau merica adalah rempah-rempah yang umumnya digunakan sebagai bumbu dapur penyedap rasa pedas alami. Rasa pedas yang dihasilkan berbeda sekali dengan rasa pedas cabe. Jika cabe pedasnya dilidah, sahang akan terasa pedas di tenggorokan.

Masyarakat bangka belitung biasanya menyebut tanaman merambat ini dengan sebutan sahang. Umumnya kebanyakan orang menyebutnya dengan lada putih atau merica putih.

Disebut lada putih karena sudah melewati beberapa proses pencucian mulai dari biji lada diambil dari pohon kemudian direndam selama satu minggu hingga kulit luarnya benar - benar terklupas dicuci sampai bersih selanjutnya setelah benar - benar bersih dijemur diterik matahari, Proses yang cukup panjang.


Tak hanya sebagai bumbu dapur saja, banyak sekali Manfaat Lada atau Sahang Untuk Kesehatan. Beberapa manfaat dan khasiat tanaman lada antara lain untuk penyakit asma, diare, masuk angin, sakit perut, kanker, dan lainnya.

Berikut ini adalah 9 manfaat sahang atau lada:

  1. Lada putih merupakan sumber mangan, besi dan vitamin K, dan mengandung banyak serat.
  2. Lada putih mengandung carminitive, yaitu zat yang membantu mencegah pembentukan gas usus.
  3. Penurun berat badan. - Lada mengandung kimia alami dikenal sebagai capsaicin merupakan bahan yang membuat lada memiliki sifat panas. Capsaicin juga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin juga umumnya dapat ditemukan dalam pil penurunan berat badan dan beberapa suplemen lainnya. Capsaicin bekerja membakar kalori dan lemak dengan sifat termal, panas yang kita rasakan saat makan lada akan dapat membakar lemak.
  4. Arthritis (radang sendi / encok) - Capsaicin juga bertindak sebagai anti-inflamasi yang membuatnya bekerja untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada mereka yang menderita arthritis
  5. Sakit kepala - Kandungan capsaicin dalam lada juga dapat berfungsi untuk memblokir neuropeptida yang dikenal sebagai substansi P, yang merupakan penerus utama rasa nyeri ke otak. Jadi ketika kita makan lada maka nyeri di kepala akan terasa ringan.
  6. Hidung tersumbat - Capsaicin pada lada dapat membersihkan sinus. Bahkan membantu untuk melawan infeksi sinus dengan membersihkan saluran udara. Sehingga kita bisa bernapas lebih lega.
  7. Tekanan darah tinggi - Merica, cabai pada umumnya memiliki banyak flavanoids, vitamin C dan A, yang merupakan zat yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang.
  8. Kesehatan jantung - Terlalu banyak cairan dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi jantung Anda. Dengan banyaknya cairan di sekitar dinding jantung akan mengakibatkan tekanan pada jantung berpotensi membahayakan kinerja jantung. Salah satu tanda retensi cairan terlalu banyak adalah pergelangan kaki bengkak. Gejala lain, kesulitan bernapas, karena terlalu banyak air yang menekan paru-paru. Mengapa merica/lada dapat membantu menjaga kesehatan jantung? Karena lada menyebabkan kita berkeringat, dan semakin kita berkeringat cairan dalam tubuh berkurang. 
  9. Anti oksidan - Karena flavanoids dan vitamin ditemukan dalam lada sehingga sangat baik untuk anti-oksidan, yang berarti mereka bekerja dalam aliran darah untuk membantu melawan zat-zat yang mengancam kerusakan sel dalam tubuh.
Lada memiliki kandungan vitamin sangat tinggi, terutama vitamin – K, selain vitamin A dan C. 

Selain itu juga lada memiliki kandungan serat sangat tinggi, rendah kolesterol, dan rendah gula. 

Beberapa zat lain terkandung dalam lada diantaranya : choline, folic acid, niacin, Pyridoxine, Riboflavin, Thiamin, Sodium, Potassium, Calcium, Copper, besi, magnesium, mangan, phosfor, seng,

Efek Samping Lada

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dalam beberapa hal lada dapat menimbulkan beberapa efek samping yang merugikan, seperti :
  • Lada putih dapat meningkatkan risiko perdarahan. Perhatian dianjurkan pada pasien dengan gangguan perdarahan atau mereka yang memakai obat yang dapat meningkatkan risiko perdarahan. Dosis penyesuaian mungkin diperlukan.
  • Lada putih dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Perhatian lebih lanjut disarankan pada pasien dengan tekanan darah rendah dan pada mereka yang memakai obat, herbal, suplemen atau jamu yang mempengaruhi tekanan darah.
  • Lada putih dapat menurunkan kadar gula. Perhatian dianjurkan pada pasien penderita diabetes atau hipoglikemia dan pada mereka yang menggunakan obat-obatan, jamu, atau supleme yang mempengaruhi kadar gula dalam darah.
  • Jika lada putih terkena mata maka ini akan menimbulkan iritasi pada mata.
  • Lada Sebagai Obat Ejakulasi Dini
Lada juga dikenal sebagai bahan dalam ramuan herbal untuk mengatasi masalah seksual, seperti ejakulasi dini. Salahsatu penyebab masalah ejakulasi dini adalah yang berkaitan dengan faktor fisik, seperti tidak lancarnya peredaran darah ke organ vital pria. Salah satu efek dari lada adalah membantu memeperlancar peredaran darah. 

Penggunaan lada dalam mengatasi masalah ejakulasi dini bisa dengan dicampur dengan rempah-rempah lain lalu diminum, atau dengan dioles ke permukaan batang alat kelamiin pria.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Khasiat dan Manfaat Lada atau Sahang Untuk Kesehatan

9 Khasiat dan Manfaat Lada atau Sahang Untuk Kesehatan