Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Kerajinan Tangan Khas Bangka Belitung Unik & Menarik

Ini bisa jadi oleh oleh khas bangka yang dapat anda bawa pulang setelah mengunjung berwisata ke pulau bangka belitung.

Sudah pantas ini dikatakan sebagai kerajinan bangka belitung yang unik dan menarik yang merupakan salah satu daya dari wisatawan. Sama halnya dengan daerah lain tentunya, yang memiliki kerajinan tangan khas daerahnya sendiri.

Inilah beberapa kerajinan tangan di bangka belitung yang dibuat oleh tangan tangan profesional

1. Songkok atau kopiah resam

Tanaman resam ini banyak sekali tumbuh di hutan bangka seperti terdapat di kebun-kebun, pinggiran jalan dan sebagainya.

Resam sejenis paku pakuan tapi bukan paku tembok atau paku besi. Hidup di dataran rendah dan sedang.

Kopiah resam dari bangka ini terbuat dari tumbuhan liar resam.


Jika anda belum mengetahui apa itu resam, silahkan tanya saja ke dukun sakti google.com dengan memasukan kata kunci, tak sampai 1 detik pertanyaan anda terjawab., tapi kesaktianya jangan dipake buat nyari togel. hoho...

Karena tanaman resam ini banyak berkeliaran dimana-mana, ide untuk membuat kopiah resam berawal dari situlah.

Inilah songkok resam bangka yang menjadi salah satu kerajinan tangan bangka belitung.

Pembuatan kopiah resam cukup memakan waktu yang cukup lama, karena harus melewati beberapa proses pengerjaan mulai dari memilah resam yang berkualitas - proses pengerikan - proses penyanyaman, yang semua itu perlu ketekunan dan kesabaran luar biasa.

Di pulau bangka, anda dapat menemukan pengerajin kopiah resam di desa pedindang (pangkalpinang), payung (bangka selatan) dan sangir (bangka tengah).

Secara kualitas hasil kopiah resam dari desa sangir itu lebih baik kualitasnya, menurut cerita dari tetangga. Mungkin dilihat dari sisi anyaman, kualitas resam dan pengolahan, hal itulah yang membuatnya mahal.Jika anda bertanya soal harga, jangan kaget.


Kopiah resam yang berkualitas dapat mencapai harga dikisaran 500ribu hingga 3juta rupiah, bentuk dapat disesuaikan dengan permintaan.

Misalnya bentuk topi, topi pantai, topi model dan sebagainya. Dapat dilihat digambar.

2. Kain cual

Ini salah satu icon bangka belitung yang cukup terkenal adalah kain cual.

Seperti halnya batik yang merupakan icon dibeberapa kota pulau jawa. Kain cual berbeda dengan batik, yang memiliki corak tersendiri. Tersedia warna warni corak, ukiran, kualitas kain yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh oleh bangka belitung.

Ini adalah salah satu motif kain cual asli bangka belitung.

Beberapa motif kain cual kebanyakan bermotif flora dan fauna antara lain ubur ubur, merak, bebek, kembang setangkai, kembang rumping, kembang rukem, kembang setaman, kembang kenanga dan motif gajah mada 2003.

Ada 9 motif asli dan sudah resmi di patenkan oleh pemerintah bangka belitung dan meluas ke skala nasional.

Susunan motif kain tenun cual dan teknik tenun yang digunakan merupakan perpaduan anda budaya china dan melayu yang masih melekat di hasil karya kain cual tersebut.

Sebagai oleh oleh bangka belitung, harga yang di tawarkan bervariasi. Mulai dari ratusan ribu permeter hingga jutaan rupiah tergantung kualitas dan tingkat kesulitan motif.

3. Pewter: sourvenir antik dari timah

Anda pernah mengunjungi kota Yogyakarta ?

Sebuah karya unik dan ukiran bernilai seni tinggi ditawarkan kedalam bentuk sourvenir yang terbuat dari perak.

Berbeda dengan Yogyakarta, Bangka Belitung juga memiliki sourvenir cantik yang terbuat dari olahan biji dan pasir timah selanjutnya dibentuk menjadi product yang memiliki nilai seni yang tinggi oleh tangan tangan profesional.

Sourvenir yang terbuat dari timah ini dapat anda temui dikota kota yang ada di bangka belitung.

Sudah dari zaman dahulu kala, bangka belitung terkenal akan timahnya. Sourvenir yang terbuat dari timah ini dapat anda temui dikota kota yang ada di bangka belitung.

Kerajinan timah bangka belitung:

Seperti inilah kerajinan timah bangka belitung yang cukup unik.

Misalnya saja di kota pangkalpinang Jl. Jendral Sudirman dekat Taman Sari Pangkalpinang, ada sebuah toko yang menjajakan sourvenir ini.

Ada yang berbentuk seperti perahu layar, berbentuk cincin, kalung, gelang, dan hiasan lainya dapat dibuat sesuai dengan permintaan anda.

Memang kalau soal harga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dalam membuat dan proses pencetakan - penghalusan, dan sebagainya. Semakin sulit biasanya semakin mahal harga yang diberikan.

Nah kalau yang ini adalah salah satu kerajinan timah bangka atau pewter berbentuk replika kapal. Harganya dapat mencapai 1,5 juta hingga 2 juta rupiah.

Cetakan kerajinan tangan bangka berbentuk kapal pesiar.

4. Sumpet

Sumpet mirip sekali dengan kerajinan anyaman yang terbuat dari bambu. Hanya saja perbedaannya terdapat pada bahan utama yang digunakan sehingga membuat unik dan memiliki ciri khas tertentu.

Kerajinan tangan bangka belitung berupa sumpet ini berasal dari orang Lom yakni suku asli di bangka belitung.

Sumpet terbuat dari tumbuhan liar pucot sejenis tumbuhan liar yang menjalar tumbuh di hutan rawa rawa pulau bangka. Namun keberadaannya saat ini cukup sulit ditemukan karena pengaruh kekeringan atau perubahan iklim di pulau bangka.

Seperti inilah kerajinan tangan pucot dari bangka.

Kerajinan tangan bangka belitung berupa sumpet ini berasal dari orang Lom yakni suku asli di bangka belitung.

Jika diperhatikan mirip dengan kerajinan bambu.

Hanya saja tumbuhan pucot ini lebih halus dan lemas.

Fungsi dari sumpet dapat digunakan untuk menempatkan nasi ketika pergi ke ladang. Orang suku lom sering menggunakannya. Kalau di daerah jawa sering disebut dengan bakul. Hanya saja berbeda bahan dasar pembuatan.

Bukan hanya dapat dibentuk menjadi tempat wadah nasi saja, sumpet dapat berbentuk aneka kerajinan tangan lainnya seperti tempat pakaian kotor, tas dan sebagainya.

Proses pembuatan sumpet sangat memakan waktu.

Bahan utama tumbuhan liar pucot dibersihkan terlebih dahulu kemudian di rendam dengan air panas agar elastis. Kemudian akan di jemur dan dibiarkan selama 2 hari. Selanjutnya barulah di anyam dan dibentuk menjadi aneka kerajinan tangan.

Perlu kesabaran tinggi dan ketelitian untuk membuat sebuah kerajinan tangan sumpet. Satu kerajinan tangan dapat menghabiskan waktu antara 10 jam hingga hitungan hari.

5. Ketilon

Mungkin anda baru saja mendengarnya.

Ketilon adalah salah satu kerajinan tangan bangka belitung yang berasal dari kabupaten bangka tengah desa Namang.

Ketilon termasuk dalam kerajinan anyaman seperti kerajinan ayaman bambu.

Hanya saja, bahan utama pembuatan kerajinan ketilon ini terbuat dari tumbuhan ketilon atau akar canar yang tumbuh subur dan liar di hutan desa namang bangka tengah.

Kerajinan tangan ini masih tergolong baru dan diperkenalkan sejak awal tahun 2019 kepada wisatawan luar daerah. Hasilnya sangat unik dan memiliki nilai jual tinggi.

Tumbuhan ketilon banyak ditemukan di desa namang. Untuk mengolahnya menjadi kerajinan, langkah pertama yakni mengambil tumbuhan ketilon kemudian dibersihkan dan di jemur hingga kering.

Selanjutnya tumbuhan ketilon kering akan dibuat beragam anyaman menarik dan memiliki nilai jual tinggi seperti gantungan kunci, pas bunga, tas, alat tradisional, lampu teplok dan sebaganya.

Beginilah bentuk dari kerajinan ketilon bangka tengah:


Seperti inilah kerajinan ketilon dari bangka tengah bangka belitung desa namang.

Gantungan kunci di bawah ini terbuat dari tumbuhan ketilon.

Salah satu hasil karya kerajinan ketilon bangka tengah adalah gantungan kunci.

Bagaimana, sangat menarik bukan?

Saat ini, telah ada upaya dari pemerintah kabupaten bangka tengah untuk menggerakkan masyarakat khususnya di namang untuk membuat kerajinan ketilon. Tujuannya, diharapkan dengan harapan agar perekonomian semakin baik dan kesejahteraan meningkat.

6. Satam

Pada umumnya, kerajinan satam merupakan ciri khas dari sourvenir Belitung. Karena di sanalah daerah yang paling banyak ditemukan batu satam.

Kabarnya, batu satam ini adalah serpihan bongkahan meteor yang jatuh di pulau belitung terjadi pada jutaan tahun silam. Kemudian terkubur di perut bumi.

Batu satam di temukan bersamaan dengan aktivitas masyarakat bangka belitung "ngelimbang" timah, mencari pasir timah. Bentuk batu satam asli dapat berupa bongkahan besar ataupun berbentuk kerikil seperti batu kecil.

Warna dari satam hitam pekat. Ada juga hitam keunguan dn hitam kehijauan.

Seperti ini bentuknya, namun hanya ukuran kecil.

Seperti ini bentuk dari batu satam belitung.

Gambar di atas merupakan bentuk batu satam asli yang belum diolah dalam bentuk apapun. Ketika ditemukan bentuknya tidak beraturan.

Kemudian, batu satam dapat diolah menjadi kerajinan tangan bernilai sangat tinggi hampir menyamai harga emas.

Cincin batu satam:

Hasil kerajinan batu satam berupa cincin.

Cincin batu satam belitung ini dapat mencapai harga jutaan rupiah.


Harga dari cincin satam ini senilai ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Tergantung dari kualitas kepadatan satam. Semakin padat dan berkilau, maka harganya semakin mahal.

Liontin satam:

Liontin yang terbuat dari batu satam belitung.

Selain dapat dibuat cincin dan kalung atau liontin, satam juga dapat dibuat kerajinan atau perhiasan bernilai jual sangat tinggi. Bahkan harganya dapat mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

7. Kerajinan Kerang

Kerajinan kerang ini berasal dari daerah Belitung. Karena di sana terutama pada daerah pesisir pantai banyak sekali ditemukan sisa sisa cangkang kulit kerang yang terdampar.

Bukan hanya itu, hasil tangkapan laut seperti kerang juga banyak di dapatkan.

Kerang di belitung juga dapat ditemukan di sela sela bebatuan granit besar hampir di setiap pantai di Belitung.

Kerajinan kerang merupakan salah satu cinderamata dari belitung.

Beragam aneka kerajinan tangan menarik berupa cinderamata seperti kalung, bingkai foto, gelang, hiasan dinding, pernak pernik untuk pernikahan dan sebagainya.

8. Akar bahar bangka

Kerajinan bangka belitung ini terbuat dari akar pohon bahar. Hutan bangka terutama daerah rawa rawa banyak sekali di tumbuhi pohon bahar.

Bukan hanya dijadikan sebagai cinderamata semata, namun akar bahar ini sangat berkhasiat bagi kesehatan yang berguna untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah dan mencegah rematik.

Bahkan, ada yang menganggap akar bahar dapat menangkal serangan ilmu hitam.

Akar bahar dapat diolah menjadi beragam kerajinan seperti kalung, gelang, cincin, tasbih, hiasan rumah dan pernak pernik lainnya.

Seperti ini contohnya,

Gelang akar bahar berbentuk naga:

Inilah salah sat kerajinan khas bangka belitung yakni gelang akar bahar.

Harga dari kerajinan akar bahar bangka ini cukup variatif. Semakin bernilai seni tinggi maka harganya semakin mahal antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

9. Dulang dan tudung saji bangka

Tradisi nganggung sangat kental di bangka belitung. Simbolisme dari tradisi atau budanya nganggung ini adalah berupa tudung saji dan dulang.

Mungkin mendengar kata dulang bagi anda cukup asing. Bentuknya sama dengan "tampah", orang jawa menyebutya demikian.

Bahkan, jika anda mengunjungi kota Pangkalinang ibukota bangka belitung di alun alun kota, di sana ada monumen tudung saji sebagai simbol yang menejaskan budaya nganggung.

Tak hanya itu, di pintu sekolah biasanya juga ditemukan tudung saji dan dulang.

Seperti ini bentuk dari tudung saji dan dulang bangka:

Mungkin mendengar kata dulang bagi anda cukup asing. Bentuknya sama dengan "tampah", orang jawa menyebutya demikian.

Dulang bangka belitung:

Dulang adalah salah satu kerajinan dari bangka belitung.

Seperti yang anda lihat pada gambar, warna dari dulang dan tudung saji adalah kuning, merah dan hijau.

Dulang dan tudung saji ini terbuat dari bambu. Kemudian dianyam dan diberi warna.

Jika anda berkunjung ke pulau bangka dan belitung pada saat 1 muharam, maka masyarakat bangka belitung membawa dulang ke rumah ibadah (masjid) beramai ramai. Melambangkan budaya gotong royong.

Itu dia, sudah diuraikan beberapa hasil karya berupa kerajinan tangan bangka belitung yang unik, menarik, dan wajib anda bawa pulang saat mengunjungi pulau bangka.

Semoga artikel ini informatif dan selalu memberikan isi materi yang berkualitas.

Posting Komentar untuk "9 Jenis Kerajinan Tangan Khas Bangka Belitung Unik & Menarik"