Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Jamur Pelawan Tumis Santan Pedas Bangka Belitung

Dialek bangka menyebut kata jamur sama dengan kulat. Jamur pelawan merupakan salah satu ciri khas dari flora di bangka belitung, yang tumbuh di sela-sela pohon pelawan dapat anda temui di salah satu daerah pulau bangka kabupaten bangka tengah tempat wisata hutan pelawan.

Selain terkenal dengan jamur pelawan madu bangka juga menjadi karakter tersendiri diatara jenis madu yang ada di Indonesia. 

Harga jamur pelawan dipasaran terbilang cukup tinggi, untuk 1 Kg nya saja berkisar antara 1.000.000 - 2.500.000 dalam rupiah dengan kualitas terbaik. Sedangkan harga madu pelawan dapat mencapai 200rb - 500rb per botol sirup ABC.
Kenapa harga jamur atau kulat pelawan begitu mahal ? 

Hal ini dikarenakan jamur tersebut hanya dapat tumbuh saat musim hujan datang dan tumbuh di kawasan hutan pelawan.

Jamur pelawan sudah cukup terkenal dikalangan pecinta kuliner, bahkan masakan jamur pelawan sudah pernah diikut sertakan dalam acara master chef indonesia dari bangka dan Bondan Winarno penah mengatakan makyuss pada masakan ini.

Bahan Utama Pembuatan :

  • 250 ml santan kental
  • 100 gr jamur tau kulat pelawan yang sudah dicuci bersih dan rendam selama 15 menit
  • Batang keladi sayur, pucuk daun labu, nanas - secukupnya
Bumbu :
  • 10 siung bawang putih dan bawang merah
  • 10 buah cabe merah dan cabe rawit
  • 3 cm lengkuas dan kunyit
  • 50 gr terasi
Cara Membuat Tumis Jamur Pelawan:
  1. Haluskan semua bumbu dengan cara diblender
  2. Tumis bumbu dengan 2 sdm minyak sayur hingga aroma wangi selanjutnya tambahkan dengan 1 liter airMasukan jamur pelawan beserta dengan aneka sayur aduk rata
  3. Masukan santan kental sedikit demi sedikit aduk rata
  4. Tunggu hingga mendidih sekita 20 menit masak dengan api sedang. Cicipi jika perlu dan memasaknya terlalu lama
Rasa yang gurih, makyuss dah bila anda mencicipi masakan khas bangka kulat pelawan di atas. 

Karena jamur pelawan ini mengandung rotein yang sangat tinggi, asam amino, karbohidrat, serat pangan, vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas,menghentikan pembentukan singlet oksigen, menambah stamina dan lainnya.

Masakan jamur pelawan ini juga dapat anda temui di beberapa restoran berkelas yang ada di pulau bangka, dengan harga bervariasi mulai dari Rp 50.000 - 100.000 untuk menikmati rasa dan khasiat yang luar biasa dari kulat pelawan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Jamur Pelawan Tumis Santan Pedas Bangka Belitung