Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Kembung Bertelur Khas Bangka Belitung 100% Enak

Kembung bertelur atau kembong betelok adalah masakan dari bangka belitung terbuat dari olahan daging ikan tenggiri atau ikan kembung dicampur dengan telur dan bumbu rempah - rempah.


Diantara bumbu dapur yang digunakan antara lain merica, bawang, ketumbar dan lainnya.
Kembung betelok bukanlah ikan utuh yang memiliki telor didalam perut ikan. Karena itu adalah penamaannya saja.

Dikarenakan proses pembuatannya mengeluarkan isi ikan tanpa merobek kulit ikan. Isi ikan berupa daging, ingsang, dan tulang dikeluarkan. Nah.. daging ikan selanjunya diracik dengan bumbu rempah pilihan.

Setelah diracik, barulah daging ikan tadi dimasukkan kembali kedalam perut ikan. Inilah sebabnya dinamakan kembung bertelor karena perut ikan yang gendut setelah di isi dengan daging ikan yang sudah diracik oleh bumbu.

Anda dapat membuatnya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Tentu saja kuliner ini memiliki kaya akan gizi antara lain : omega 3, lemak, protein, kalium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, energi, zat besi, sodium dan serat.

Terdapat kandungan gizi berupa omega 3 ternyata lebih tinggi dari pada ikan salmon. Manfaat omega 3 kita ketahui bersama dapat mencegah penyakit jantung dan dapat mengatasi penyakit asma, penyakit kulit, remaik, komplikasi diabetes, bahkan kanker payudara. 

Resep kembung bertelor bangka :

Bahan bahan :
  • 5 Ekor ikan kembung atau setara dengan 1 kg ikan kembung
  • 2 butir telur ayam
  • 100 ml santan kental
  • terasi bangka
Bumbu Halus :
  • 7 Siung bawang putih dan bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm merica butiran
  • 1 sdm ketumbar butiran
  • garam secukupnya
Cara Membuat Ikan Kembung Betelok Bangka :
  1. Bersihkan ikan. Keluarkan isi perut ikan dengan cara memijat - mijat perut ikan dan patahkan tulang ekornya serta buang insangnya. Untuk bagian kepala jangan dibuang. Pada bagian ini, jangan sampai kulit ikan rusak/bolong agar nanti pada saat menempatkan isi ikan tidak keluar.
  2. Bumbu halus : tumbuk atau haluskan humbu halus.
  3. Campur daging ikan dengan santan kental (jangan terlalu encer adonannya), aduk rata. Selanjutnya diikutkan dengan bumbu halus, aduk rata.
  4. Setelah adonan jadi. Masukkan daging ikan yang sudah dibumbui kedalam tubuh ikan. Masukkan dengan rata tidak terlalu banyak.
  5. Kukus ikan selama kurang lebih 20 menit. 
  6. Tahap terakhir, ikan yang sudah dikukus selanjutnya akan digoreng. Sebelum menggoreng celupkan telor kocokan.Ikan digoreng kedalam minyak panas yang banyak, tunggu agak menguning, angkat tiriskan.
  7. Sajikan dengan kreasi sesuai dengan selera.
Dalam penyajiannya tak kalah penting jangan sampai ketinggalan sambal belacannya. Santap bersama dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kembung Bertelur Khas Bangka Belitung 100% Enak

Resep Kembung Bertelur Khas Bangka Belitung 100% Enak