Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Pakaian Adat Bangka Belitung dan Penjelasannya

Setiap daerah yang terdapat di Indonesia pastilah terdapat pakaian adat atau baju adat. Yang merupakan warisan leluhur bangsa yang mestinya tidak lupa kita lestarikan.

Seperti di daerah indonesia lainnya. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki pakaian adat tradisional asli Bangka Belitung.

Bahan pakaian adat Bangka Belitung terbuat dari kain cual atau ada juga yang menyebutnya kain beludru merupakan kain adat Bangka Belitung. 

Hampir serupa dengan kain songket, walaupun serupa namun tak sama, kain cual memiliki motif khas dari Bangka Belitung.

Pakaian adat bangka belitung sendiri terdapat perpaduan antara China dan Arab. 

Karena dari sejarah mengatakan pendatang dari china dan arab berdatangan untuk merantau dan berdagang ke pulau Bangka terutama di kota Muntok.

Seperti inilah gambar pakaian adat dari daerah bangka belitung.

Seperti ini gambar pakaian adat bangka belitung yang seringkali digunakan pada pesta pernikahan pengantin pria dan wanita.

Biasanya baju adat bangka belitung akan digunakan pada saat perayaan pesta pernikahan oleh sepasang pengantin laki laki dan perempuan. 

Selain itu, seringkali digunakan ketika acara penyambutan tamu undangan dan perayaan tradisi adat di kepulauan bangka belitung.

Ciri khas pakaian adat bangka belitung pengantin wanita dan pria:

1. Pakaian Pengantin Wanita

Pakaian pengantin wanita disebut dengan baju seting.

Pada umumnya baju pengantin wanita terbuat dari kain cual asli berbahan dasar sutra dengan motif kembang goyang, daun bambu, bunga cempaka, bunga teratai, kuntum cempaka dan sebagainya.

Baju pengantin juga dihiasi dengan pernak pernik aksesoris berkilauan emas dilengkapi dengan mahkota hiasan kepala dan ikan pinggang berwarna kuning emas untuk mempercantik penampilan.

2. Pakaian Pengantin Pria

Sedangkan untuk pakaian pengantin pria, masyarakat bangka belitung menyebutnya dengan nama jubah panjang atau sungkon.

Bace info lainnya: belajar percakapan bahasa bangka yuk.

Pakaian adat bangka belitung untuk pengantin pria cukup simple. Untuk menambah keindahan baju tersebut akan dilengkapi dengan kain songket cual dan ikat pinggang serta selempang di samping bahu kanan.

Posting Komentar untuk "Gambar Pakaian Adat Bangka Belitung dan Penjelasannya"