Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Makna Lambang Daerah Kabupaten Bangka Tengah dan Artinya

Kabupaten Bangka Tengah dibentuk pada tanggal 25 Febuari 2003 berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2003. Bersama-sama dengan pembentukan Kabupaten Bangka Tengah, dibentuk pula Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur.

Wilayah Kabupaten Bangka Tengah Tengah terletak di Pulau Bangka. Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Tengah berbatas-an langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu dengan wilayah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Selatan.

Pembentukan Kabupaten Bangka Tengah tidak semata-mata karena kebutuhan pengembangan wilayah provinsi, tetapi juga karena keinginan masyarakat di dalamnya, serta upaya untuk mempercepat pembangunan daerah dan terciptanya pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Ulasan singkat mengenai profile Kabupaten Bangka Tengah yang didapat dari Wikipedia.

Ulasan singkat mengenai profile Kabupaten Bangka Tengah yang didapat dari Wikipedia.

Inilah makna lambang kabupaten bangka tengah sebagai berikut :
  1. Perisai bersegi lima melambangkan Pancasila sebagai dasar negara kesatuan Republik Indonesia
  2. Gambar Tudung saji, melambangkan perlindungan rakyat dan perdamaian. Sekaligus melambangkan mental masyarakat dan pemerindah dalam upaya mempertahankan diri dari segala marabahaya dengan segenap jiwa. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan sifat kebersamaan dan gotong royong.
  3. Gambar lawang atau pintu, melambangkan membuka diri terhadap hal - hal yang bersifat baik dan membangun.
  4. Gambar gantang atau alat ukur, melambangkan sifat gotong royong dan kebersamaan
  5. Gambar Lada, melambangkan Hasil sumber daya alam dari bidang perkebunan. Terdapat 24 butir biji lada menandakan bahwa tagl 24 Mei 2003 adalah hari peresmian Kabupaten bangka Tengah.
  6. Gambar Ikan, melambangkan hasil sumber daya alam khususnya laut yang melimpah.
  7. Gambar Pulau Bangka, melambangkan letak secara geografis Kabupaten Bangka Tengah berada di Pulau Bangka.
  8. Gambar Lingkaran mengelilingi Pulau Bangka, melambangkan tekad masyarakat Kabupaten bangka Tengah sebagai simbol daerah Pulau Bangka adalah daerah perairan.
  9. Gambar daun, melambangkan kesuburan tanah yang terdapat di Kabupaten Bangka Tengah yang cocok untuk daerah pertanian, perkebunan dan kehutanan.
  10. Gambar perahu, melambangkan sarana yang digunakan untuk meraih cita - cita dan merupakan simbol kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  11. Gambar timah batangan, melambangkan sumber daya alam yang melimpah dari bidang pertambangan.
  12. Gambar pita semboyan, melambangkan manifestasi jiwa, semangat dan kepribadian masyarakat Bangka Tengah, yaitu kebersamaan untuk membawa daerah ke arah yang lebih baik dan maju.
  13. Tulisan Kabupaten Bangka Tengah, melambangkan bahwa Kabupaten Bngak Tengah terletak di Pulau Bangka.
Makna dan arti dari Warna Gambar :
  1. Warna biru, melambangkan kejernihan suasana, keaslian watak, kebijaksanaan, ketenangan, kesetiaan, kepada agama dan Negara.
  2. Warna kuning/kuning emas, melambangkan kesejahteraan, keluhuranbudi, kebesaran jiwa, ke tuhanan, kehidupan yang abadi, keagungan, kejayaan, keadilan, kekuasaan, kewibawaan, dan kedewasaan/kematangan.
  3. Warna cokelat, melambangkan kekuatan (kokoh dan tegak), kekal abadi, keteguhan, ketabahan, dan keperkasaan.
  4. Warna hijau, melambangkan kemakmuran, kesejukan, kesegaran, kesuburan dan harapan.
  5. Warna putih/ perak, melambangkan kesucian (dalam hati dan perbuatan), kedamaian (cinta damai dan toleransi), tulus ikhlas, kejujuran, kesatriaan dan teguh hati.
  6. Warna merah, melambangkan kerakyatan, cinta (kepada sesama mahluk Allah, agama dan Negara), semangat dan keberanian.
Bace oug: makna lambang daerah bangka barat.

Demikianlah artikel Makna dan Arti Lambang Daerah Kabupaten Bangka Tengah di tuulis oleh Zona Bangka Belitung dengan referensi dari wikipedia dan Situ pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "19 Makna Lambang Daerah Kabupaten Bangka Tengah dan Artinya"