Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lambang Daerah Kabupaten Bangka Barat 12 Makna dan Artinya

Berdasarkan PERDA Kabupaten Bangka Barat No. 1 Tahun 2005 tentang lambang daerah kabupaten Bangka barat.

Makna dan Arti Lambang Daerah Kabupaten Bangka Barat adalah sebagai berikut :
  • Tulisan KABUPATEN BANGKA BARAT, berwarna kuning emas melambangkan identitas pemilik lambang.
  • Perisai berwarna biru laut berbingkai kuning emas melambangkan Kabupaten Bangka Barat kaya akan hasil laut dan hasil tambang dalam mewujudkan ketentraman, ketenangan, kesejahteraan bagi masyarakat.
  • Lingkaran berwarna biru tua yang melingkari tengah-tengah perisai menggambarkan tekad dan semangat patriotisme serta keagungan masyarakat dalam pembangunan Bangka Barat dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa terhadap ancaman dan gangguan, baik dari luar dan maupun dari dalam.
  • Bintang bersegi lima bewarna kuning emas melambangkan Kabupaten Bangka Barat merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan berjiwa agamis.
  • Monumen Pesanggrahan berwarna putih dan hitam melambangkan cita-cita luhur dan semangat masyarakat Bangka Barat untuk berperan aktif dalam pembangunan.
  • Peta Kabupaten Bangka Barat berwarna hijau dan bergaris batas berwarna kuning emas, yang terletak dalam lingkaran putih pulau Bangka melambangkan Daerah yang subur dan penuh dengan kekayaan alam serta memiliki batas wilayah yang jelas.
  • Balok timah melambangkan daerah yang kaya dengan sumber daya alam.
  • Karet dan Lada melambangkan bahwa hasil perkebunan adalah andalan masyarakat Kabupaten Bangka Barat.
  • Lebah melambangkan persatuan dan semangat kerja keras untuk mencapai kemakmuran dan bermartabat, yang merupakan tujuan masyarakat Bangka Barat.
  • 5 alur gelombang laut melambangkan 5 kecamatan sebagai dasar terbentuknya Kabupaten Bangka Barat.
  • 24 ekor lebah dan 5 tangkai lada melambangkan tanggal dan bulan hari jadi Kabupaten Bangka Barat.
  • Latar Hijau yang mewarnai peta Kabupaten Bangka Barat merupakan gambaran kesuburan wilayah Kabupaten Bangka Barat.
Berikut ini adalah logo kabupaten bangka barat:
Berdasarkan PERDA Kabupaten Bangka Barat No. 1 Tahun 2005 Tentang Lambang Daerah Kabupaten Bangka Barat.
Tulisan SEJIRAN SETASON berwarna merah dalam pita putih merupakan semboyan yang melambangkan semangat perjuangan dan keberanian dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

Sedangkan makna dan arti dari Semboyan Untuk Kabupaten Bangka Barat adalah Semboyan daerah adalah SEJIRAN SETASON mengandung arti Wilayah negeri yang mempunyai warga yang berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan.

Makna lambang lainnya: makna lambang daerah bangka tengah.

Demikianlah artikel tentang makna dan arti lambang daerah kabupaten bangka barat dibuat oleh Zona Bangka Belitung dengan referensi dari situs pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan 1 bundel LEMBARAN DAERAH KABUPATEN BANGKA BARAT TAHUN 2005 NOMOR 1 SERI D. 

Mudah - mudahan informasi ini dapat bermanfaat.