Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Kue Rintak Bangka Belitung Lembut dan Gurih

Kue rintak adalah salah satu kue khas bangka belitung yang terbilang cukup jadul.

Namun ia masih sangat melekat dihati masyarakat bangka belitung hingga kini. Kue ini juga memiliki nama lain yaitu kue sagu dikarenakan bahan utama pembuatannya terbuat dari sagu.

Untuk menikmati kue rintak, anda dapat menemukannya di toko toko khusus penjualan oleh oleh bangka belitung yang sudah dikemas dalam wadah kotak. Berbicara soal rasa, yang lebih dominan adalah rasa sagu, manis dan menempel dilidah.

Ke jadul namun enak untuk dimakan. Resep kue rintak ada di sini jika anda ingin mencicipinya.

Disaat santai bersama keluarga, sedang berkumpul dengan teman atau mengerjakan sesuatu hal untuk dijadikan camilan, kue ini cocok disandingkan dengan teh maupun kopi. Rasa lembut akan dirasakan ketika menyentuh lidah anda.

Disaat hari raya idul fitri, kue ini akan sangat mudah ditemui pada rumah rumah penduduk asli bangka belitung, terkadang disajikan dengan minuman kopi sebagai teman untuk mengobrol.

Jika bunda dirumah, ingin mengetahui bagaimana rasa sagu yang menyentuh lidah. Bunda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti petunjuk resep kue rintak bangka belitung lembut dan gurih dilengkapi cara membuatnya dengan langkah yang praktis dan mudah berikut ini :

Bahan Utama Pembuatan : 
  • 750 ml santan kental 
  • 400 gram gula pasir 
  • 200 gram gula merah 
  • 20 lembar daun jeruk 
  • 3 butir telur 
  • 175 gram gula pasir 
  • 1 kg tepung sagu kualitas disangrai terlebih dahulu 
Cara membuat kue rintak bangka : 
  1. Rebus santan bersama gula merah, gula pasir dan daun jeruk menjadi satu. Selanjutnya aduk-aduk hingga rata mendidih dan santan mengental. Angkat dan biarkan dingin. 
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga putih dan mengental. Tuangkan santan sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Tuangkan 2 SDM sagu, aduk rata 
  3. Diamkan selama 1 malam. 
  4. Ambil sedikit adonan, beri tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.Giling adonan dan cetak dengan ring cutter cookies berbentuk bunga atau bentuk sesuai selera, letakkan dan susun di dalam loyang yang telah terlebih dahulu dioles dengan sedikit minyak 
  5. Panggang ke dalam oven dengan suhu 160 ° C selama ± 15 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. 
  6. Kue Rintak siap dihidangkan 
Itulah Resep Kuliner Kue Rintak Khas Bangka yang dapat anda coba di rumah sebagai makanan cemilan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Rintak Bangka Belitung Lembut dan Gurih

Resep Kue Rintak Bangka Belitung Lembut dan Gurih