Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Rahasia Resep Kerupuk Ikan Kemplang Bangka Yang Renyah

Bagi masyarakat Indonesia khususnya, tentu saja kerupuk bukanlah makanan  baru didengar. Camilan ini biasanya dinikmati dengan mengkonsumsinya secara langsung atau bersamaan hidangan lauk pauk lainnya sebagai pelengkap menambah selera makan.

Berbagai warung makan, toko makanan dan sembako hingga ke restoran berbintang sekalipun anda dapat menemui camilan kerupuk. Setiap daerah di Indonesia memang memiliki berbagai macam jenis dan bentuk dari kerupuk. Ada kerupuk yang berbentuk keriting, berbentuk bulat tipis dan sebagainya.

Hal tersebut tergantung dari asal kerupuk berada. Misalnya pada daerah Palembang, Lampung, Kepri maupun Bangka Belitung memiliki cita rasa dan bentuknya yang khas berbeda dari daerah lainnya.


Ketahui cara membuat kemplang bangka yang enak di artikel ini.

Masyarakat Bangka Belitung sering menyebut nama kerupuk dengan istilah kemplang

Walaupun sebenarnya berbeda. 

Perbedaan antara kerupuk dan kemplang terlihat dari cara pengolahan, bentuk dan rasannya saja. Jika kerupuk lazimnya berbentuk bulat dan keriting namun kemplang berbentuk bulat, persegi diolah dengan cara digoreng atau dipanggang menggunakan pasir.

Untuk membuat kerupuk ikan tentu saja bahan utama yang diperlukan adalah ikan segar.

Ikan yang digunakan antara lain adalah ikan tenggiri, tuna, dan ikan laut lainnya yang memiliki tulang sedikut ataupun anda dapat membuatnya dengan menggunakan ikan air tawar seperti lele.

Proses membuat kerupuk ikan memang membutuhkan ketelatenan yang dimulai dari proses penyediaan bahan (penggilingan ikan), pengolahan adonan hingga ke tahap pengorengan.

Jika anda ingin membuat kerupuk ikan dengan hasil jerih payah sendiri atau ingin mendapatkan pengalaman membuatnya yang barangkali kerupuk ikan yang anda buat dapat dipasarkan sebagai pemasukan tambahan.

Resep kerupuk ikan kemplang bangka

Bahan Utama :
  • 600 Gram Ikan tenggiri atau ikan lainnya yang sudah digiling halus
  • 1 Kg Gram tepung tapioka
  • 7 Butir telur bebek
  • 1 Sdm soda kue
  • 70 Gram gula pasir
  • Garam secukupnya
Cara membuat kemplang bangka:
  1. Campurkan bahan utama menjadi satu adonan (Ikan, telur bebek, soda kue, gula pasir dan garam) aduk hingga rata
  2. Tambahkan tepung tapioka selanjutnya aduk hingga rata sempurna dan keras lembut memadat.
  3. Bentuk adonan sesuai dengan selera atau pada umumnya dalam bentuk memanjang dengan ukuran 25 cm berdiameter 6 cm atau menyesuaikan
  4. Bungkus adonan dengan plastik hingga memadat dan masukkan ke dalam tempat kukusan
  5. Kukus selama 30 - 45 menit lamanya. Angkat dan biarkan hingga dingin atau untuk mempercepat proses pengerasan, masukkan ke dalam lemari pendingin
  6. Potong bahan mentah kerupuk dengan cara di iris tipis dengan diameter 0,3 hingga 0,7 cm dan jemur hingga benar benar kering di teriknya matahari
  7. Setelah kering anda dapat menggorengnya dengan minyak goreng panas.
Untuk menikmati kerupuk atau kemplang selain digoreng dengan, anda dapat menggunakan media pasir untuk menggorengnya. Caranya :
  1. Sediakan pasir kerikil halus berasal dari pantai. Pasir kerikil halus harus dicuci bersih dan jemur hingga kering
  2. Sediakan wajan penggorengan lebar dan masukkan pasir kerikil yang sudah kering tadi
  3. Biarkan pasir hingga panas
  4. Benamkan kerupuk ke dalam pasir kerikil panas tadi hingga mengembang merekah sesekali bolak balik kemplang
  5. Angkat dan nikmati
Untuk membuatnya gurih dan renyah kuncinya ada di bahan dan pengolahan adonan yang merata sempurna.

Bahan yang dimadsud adalah soda kue untuk membuat kerupuk merekah dan mengembang saat digoreng dan telur bebek serta tepung tapioka mesti berkualitas. Untuk teknik pengolahan adonan agar tercampur rata, aduklah hingga rata sempurna adonan hingga halus dan lembut. Dengan demikian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Resep Kerupuk Ikan Kemplang Bangka Yang Renyah

Rahasia Resep Kerupuk Ikan Kemplang Bangka Yang Renyah