Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Lempok Cempedak Khas Bangka Belitung Yang Legit

Cempedak masih satu saudara dengan Nangka. Bahkan Pohon cempedak hampir mirip dengan pohon nangka. Buah cempedak memiliki aroma bau yang khas. Aroma menggoda yang tercium oleh buah cempedak membuat rasa ingin mencicipi nya.

Pohon cempedak berbuah tergantung dengan musim, seperti halnya ada musim buah durian, musim buah rambutan dan ada musim buah cempedak. Buah cempedak dapat diolah menjadi berbagai makanan sehat. Dapat diolah menjadi Cempedak goreng, biji cempedak dapat juga direbus dan buah cempedak dapat diolah menjadi Lempok Cempedak atau Dodol Cempedak.


Lempok cempedak merupakan salah satu makanan kuliner sekaligus menjadi oleh - oleh khas bangka belitung. Makanan ini asli Melayu,



Bagi anda yang mau mencicipi dodol cempedak ini. Berikut ini Blog Zona Bangka Belitung akan menulis Resep Lempok Cempedak Khas Bangka :

Bahan Utama Pembuatan :
  • 4 kg Cempedak yang sudah matang (sudah diambil isinya dan dipisahkan dari biji cempedak)
  • 1 kg gula putih/pasir
  • 1 sdm Garam
Peralatan :
  • Kompor
  • Kuali
  • Adukan Dodol
  • Plastik mengemas
Cara membuat lempok cempedak:
  1. Campurkan 1 kg gula pasir kedalam daging buah cempedak selanjutnya tambahkan 1 Sdt garam
  2. Panaskan dan aduk rata adonan. Panaskan dalam api sedang. Langkah ini membutuhkan waktu sekitar 3 - 4 jam
  3. Jika lempok sudah lengket dan kenyal, maka sudah siap diangkat
  4. Tunggu sampai agak dingin, kemas dengan plastik pengemas
Tidak terlalu rumit dalam Proses Membuat Lempok Cempedak Khas Bangka. Mungkin waktu yang dibutuhkan untuk membuat dodol cempedak ini membutuhkan waktu yang lama. 

Namun ada yang lebih efesien ketimbang anda harus membuatnya sendiri, dengan membeli Lempok cempedak ditoko khusus oleh - oleh khas bangka belitung anda dapat membawa pulang lempok cempedak dengan harga IDR 80.000 hingga 150.000 / Kg.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Lempok Cempedak Khas Bangka Belitung Yang Legit