Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Surat Pernyataan Terlengkap File Word doc

Surat pernyataan adalah ungkapan kata yang dibuat oleh seseorang atau kelompok kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan formal untuk menerangkan atau menjelaskan tindakan yang diperbuat atau sebagai bentuk perjanjian terikat yang dapat digunakan sebagai landasan bukti dikemudian hari apabila apa yang tertulis di dalam surat tersebut dilanggar oleh pembuat pernyataan.

Bagi sang pembuat pernyataan biasanya ada tujuan tertentu kenapa surat ini dibuat. 

Misalnya seorang yang ingin melamar pekerjaan tertentu, ia harus membuat surat ini sebagai bentuk peryataan kesanggupan dan komitmen bahwa ia akan mematuhi isi dari surat peryataan tersebut.

Contoh tersebut biasanya ditemukan bagi mereka yang ingin melamar kerja menjadi CPNS ada persyaratan untuk membuat jenis surat ini, sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi yang isinya bahwa ia tidak pernah terlibat dalam tindakan kriminal, pengguna narkoba atau tindakan kejahatan lainnya, sebagai bukti yang sah tanda kehilangan barang penting misalnya KTP, SIM dan contoh lainnya.


Selain itu, surat pernyataan pun dapat dibuat oleh kelompok, instansi, lembaga, perusahaan atau komunal lainnya yang bertujuan untuk menegaskan. 
Contohnya, ketika seorang karyawan yang sudah lama bekerja kemudian si karyawan akan mengundurkan diri karena diterima ditempat kerja yang lain, dan ia minta surat peryataan kerja selama ia bekerja di perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan dapat memberikan surat ini ke karyawan tersebut menandakan bahwa ia sudah bekerja selama ... dengan baik, isinya kurang lebih begitu.
Kemudian, contoh lainnya yang dapat kita temui dalam keseharian : surat pernyataan digunakan sebagai sarana kredit barang, penggadaian, persyaratan pengrekrutan kerja, transaksi jual beli, keberatan terhadap suatu tindakan, permintaan maaf, kesediaan ditempatkan untuk bekerja dimana saja, dan kebutuhan lainnya.

Untuk membuat surat pernyataan pun tak dapat sembarangan, ada kaidah bahasa dan tata cara penulisan. Namun anda kini tak perlu kuatir karena berbagai macam contoh surat pernyataan dapat anda download pada beberapa file word doc pada artikel ini, silahkan pilih sesuai dengan keperluan.
  1. Contoh Surat Pernyataan Kerja I
  2. Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah
  3. Contoh Surat Pernyataan Perjanjian Jual beli Sebidang Tanah
  4. Contoh Surat Pernyataan CPNS
  5. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan (Sertifikat, KTP, SIM, ATM, Dan lainnya)
Kesemua file di atas dalam format word dokumen, jadi siap pakai tanpa edit karena font, margin size sudah teratur dan isi biodata anda kemudian tinggal print.

Berikut ini contoh surat pernyataan yang benar:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap                 :
Tempat / Tanggal Lahir   :
Jenis Kelamin                   :
No. KTP                           :
Alamat Lengkap              :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :
1.    Hingga saat ini saya tidak terikat kontrak atau ikatan kerja dengan perusahaan / instansi manapun.
2.      Bersedia ditempatkan di cabang perusahaan manapun di seluruh Indonesia
3.      Bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan
4.  Tidak mengundurkan diri sebelum berakhirnya masa kontrak dengan alasan apapun
5.      Tidak akan mengambil cuti selama masa tugas

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari  ternyata melanggar atau pernyataan ini tidak benar maka saya siap menerima segala konsekuensinya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Pangkalpinang, 21 November 2015
Yang membuat pernyataan,
Tanda tangan

 (materai 6000)

Nama Jelas
Catatan: unduh filenya dulu melalui situs mediafire. Buka dengan winrar. Passwordnya ada di dalam winrar, cek sebelah kanan.
Yang lainnya: surat lamaran kerja yang baik dan benar doc.

Disarankan untuk pribadi siapa saja yang akan membuat surat peryataan, sebaiknya memikirkan terlebih dahulu resiko apa yang tertulis dalam surat pernyataan yang dibuat secara pribadi ataupun permintaan kesediaan dari kelompok tertentu.

2 komentar untuk "Download Contoh Surat Pernyataan Terlengkap File Word doc"

GSM PHONE 20 September 2016 pukul 12.22 Hapus Komentar
pswdnya apa mas?
Zona Bangka Belitung 27 September 2016 pukul 10.29 Hapus Komentar
Bagi yang mau download, cara download dulu file di mediafire pada link di atas. Buka filenya menggunakan winrar. Passwordnya ada di dalam winrar. Semoga membantu ya...