Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Apa itu Penyakit Trypophobia ? Inilah Penjelasan dan Cara Mengobatinya

Mungkin anda baru saja mendengar penyakit trypophobia atau sudah pernah mendengar sebelumnya. Penyakit trypophobia tergolong kedalam penyakit phobia. Phobia sendiri merupakan ketakutan yang sangat dirasakan ketika melihat suatu objek hingga ketakutan tersebut memberikan efek nyata.

Sebagai contoh phobia Misalnya, ketakutan saat melihat hewan melata seperti cacing, kelabang, ulat bulu dan sebagainya. Saya sendiri sempat mengalami ketakutan saat melihat kelabang atau cacing dalam jumlah banyak yang sedang berkumpul disuatu tempat, dikarenakan kondisi trauma pada waktu kecil yang masih terbawa.

Penyakit Trypophobia

Penyakit trypophobia adalah salah satu penyakit phobia yang takut saat melihat lubang. Ini adalah jenis ketakutan yang baru setelah Tim ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris yang dipimpin oleh Geoff Cole mengidentifikasinya.

Ketakutan penyakit ini ketika melihat lubang tertentu, baik itu berupa gambar maupun objek yang dilhat langsung oleh penderita. Lubang yang dimadsud, berupa lubang yang berpola rapat berulang, memiliki pori-pori atau rongga. Misalnya seperti sarang lebah, sarang semut, pori-pori yang membesar pada kulit, gelembung sabun, terumbu karang, bunga yang berpori, spons, sum-sum tulang dan objek lainya.

Objek tersebut yang dirasakan oleh penderita memberikan efek jijik. Efek yang dirasakan lainya oleh penderita trypophobia saat melihat objek tersebut akan dirasakan kepala pusing, mual-mual, mengalami perasaan cemas akut, jantung berdebar, berkeringat dan migrain. Trypophobia yang akut akan selalu mengingat setelah melihat objek ketakutan tersebut dan menimbulkan beberapa efek kesehatan yang dimadsud.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari penyakit phobia ini, dalam penelitian tersebut sangat dimungkinkan penyebab penyakit trypophobia berawal dari kondisi traumatis yang dialami ketika baru mengenal tahapan kehidupan / masa anak-anak yang sulit dilupakan dan masih membekas hingga dewasa.

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh secara alami seperti melawanya atau menghadapinya langsung melihat objek yang ditakuti dapat berupa gambar ataupun objek yang ditakuti secara langsung, namun cara ini tak banyak yang berani melakukanya untuk melawan ketakutan tersebut. Cara lainya adalah dengan melakukan pendekatan emosional dengan konsultasi ke psikolog atau dengan menggunakan hipnoterapy.

Ini adalah beberapa gambar untuk melawan penyakit trypophobia.

Apa itu penyakit tryphobia ? Anda harus mengetahuinya, berikut penjelasan dan cara mengobati tryphobia.


Mungkin anda baru saja mendengar penyakit trypophobia atau sudah pernah mendengar sebelumnya. Penyakit trypophobia tergolong kedalam penyakit phobia. Phobia sendiri merupakan ketakutan yang sangat dirasakan ketika melihat suatu objek hingga ketakutan tersebut memberikan efek nyata.

Jika anda memberanikan diri untuk mencari foto terkait dengan trypophobia, dengan mengetikan kata kunci di mesin pencari "foto trypophobia", maka akan didapat ratusan gambar yang akan membuat anda...

Ini videonya :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa itu Penyakit Trypophobia ? Inilah Penjelasan dan Cara Mengobatinya

1 komentar:

Asyrofi Khun Aina said...

Hiiihhh. . . Menggelikan liat poto-poto tuuhh,, koyo sawanen rek iki :'(