Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Mengenal 3 Wisata Budaya di Bangka Belitung Yang Menarik

Mengenal 3 Wisata Budaya di Bangka Belitung Yang Menarik : Mengenal ragam wisata di bangka belitung antara lain 3 wisata budaya berikut ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar daerah bangka belitung. Wisata budaya pentas tari campak, Tari perang ketupat, ritual adat upacara buang jung. Ada filisofi tersendiri dari ketiga wisata budaya tersebut. Berikut penjelasanya.

1. Tari Campak 
Tari campak merupakan salah satu jenis seni tari tradisional yang ada di kepulauan bangka belitung.
Tari campak merupakan salah satu jenis seni tari tradisional yang ada di kepulauan bangka belitung. Dalam catatan sejarah tertulis dan berdasarkan dari cerita yang beredar di masyarakat, akan tetapi belum tentu kebenaranya - tari campak berasal dari pulau lingga (Riau) yang awal mulanya di bawa oleh nek campak pada abad ke 18 masehi ke bangka belitung. Mungkin itulah penyebabnya, kenapa tarian ini disebut tari campak.


Tarian ini dibawakan oleh sekumpulan muda mudi berpasangan antara laki-laki dan perempuan, yang menceritakan tentang kegembiraan dalam pergaulan dikalangan muda mudi.

Anda dapat menyaksikan tarian ini ketika ada event budaya yang diselenggarakan oleh dinas kebudayaan provinsi kepulauan bangka belitung atau di event khusus seperti acara peresmian. Banyak wisatawan yang berdatangan kerena keunikan dan kecantikan seni gerak dalam tarian ini.

2. Tari Perang Ketupat 
Perang yang dimadsud adalah perang ketupat. Adanya event tari perang ketupat ini merupakan salah satu wisata budaya yang ada di pulau Bangka kabupaten bangka barat kota tempilang.
Nama yang unik, apakah ketika terjadinya perang malah menari-nari ? Perang yang dimadsud adalah perang ketupat. Adanya event tari perang ketupat ini merupakan salah satu wisata budaya yang ada di pulau Bangka kabupaten bangka barat kota tempilang.

Ini adalah event budaya yang rutin sekaligus memperkenalkan kepada wisatawan akan kebudayaan kabupaten bangka barat. Makna yang tersimpan dalam tari perang ketupat ini adalah bahwasanya terdapat makhluk ghaib atau roh halus yang tinggal didaratan yang sudah menjaga warga desa, untuk itu makhluk tersebut perlu diberi makan dengan event budaya perang ketupat. (ini hanyalah mitos)

Event budaya ini dapat anda saksikan di setiap pertengahan bulan sya'ban di kabupaten bangka barat kota tempilang. Sudah menjadi rutinitas dan agenda setiap tahun nya yang turut serta diselenggarakan oleh Pariwisata dan Budaya Provinsi Kep. bangka belitung. Anda juga dapat terjun langsung merasakan bagaimana "saling berperang" melempar ketupat.

3. Ritual Upacara Buang Jung
Ketika musim angin barat yang terjadi di kepulauan bangka belitung, masyarakat kabupaten bangka selatan khususnya nelayan - akan segera melalukan tradisi buang jung untuk memohon keselamatan ketika melaut.
Ketika musim angin barat yang terjadi di kepulauan bangka belitung, masyarakat kabupaten bangka selatan khususnya nelayan - akan segera melalukan tradisi buang jung untuk memohon keselamatan ketika melaut. Sebenarnya tradisi ini berasal dari suku sawang yang merupakan suku asli di pulau belitung. Persembahan berupa perahu kecil yang dihanyutkan berisi beberapa hasil bumi dan dihiasi daun kelapa.

Demikianlah informasi ini mengenai wisata budaya di kep. bangka belitung dibuat. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi daya tari wisatawan untuk mengunjungi pulau bangka belitung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal 3 Wisata Budaya di Bangka Belitung Yang Menarik

0 komentar: