Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Foto Pantai Lengkuas Belitung Ini Bagaikan Surga Dunia

Setidaknya ada ratusan pulau kecil yang mengelilingi pulau belitung.

Diantara sekian banyak pulau kecil tersebut yang begitu fenomenal akan keindahannya adalah pulau lengkuas.

Pulau lengkuas adalah salah satu destinasi andalan kabupaten belitung sebagai kawasan wisata pantai dan keindahan alam bahari. Terletak di sebelah utara kabupaten belitung sisi utara pantai tanjung kelayang.

Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar berdiri kokoh berumur ratusan tahun atau 132 tahun sejak dibangunnya oleh pemerintah kolonial belanda pada tahun 1882. Walaupun usianya sudah mencapai ratusan tahun, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai mana mestinya untuk memberi rambu - rambu terhadap kapal - kapal yang melintas pada perairan sekitarnya bahwa di daerah ini terdapat pulau dan kawasan perairan dangkal.

Tak hanya berfungsi layaknya mercusuar, kini mercusuar tersebut menjadi salah satu icon wisata pulau lengkuas. 

Tinggi mercusuar ini kira - kira 50 meter dari permukaan laut. Dari ketinggian pulau lengkuas, anda dapat melihat pemandangan pantai lengkuas dan alam disekitar dari sudut pandang 360 derajat.

Pulau lengkuas sendiri berada di sebelah utara pantai tanjung kelayang atau disebelah utara desa tanjung binga. 

Luas pulau ini cukup kecil hanya mencapai kurang dari 1 ha. 

Akan tetapi keindahan alamnya sangat luar biasa dan mampu menghipnotis mata bagi yang melihatnya. 

Hamparan pasir putih terdapat di sepanjang bibir pantai, batuan granit berbagai ukuran tersebar mengelilingi pulau ini, terumbu karang, air laut yang jernih, pepohonan keapa begitu rindang, dasar laut terlihat dari atas permukaan air, pepohonan kelapa yang meliuk - liuk, dan keindahan lainnya.

Bukti keindahan pantai pulau lengkuas bangka dapat anda lihat di bawah ini:


Di bawah ini ada mercusuar pulau lengkuas telah berdiri sejak ratusan tahun silam pada zaman belanda. Namun, hingga kini masih berdiri kokoh.



vj



Jika dilihat dari atas, pulau lengkuas tampak kecil.


Dikala musim liburan tiba, apalagi pada saat hari lebaran idul fitri dan momen tahun baru, banyak sekali wisatawan yang mengunjungi pulau ini. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini ramainya pada bulan maret hingga november dikarenakan melihat ombak air laut yang tidak terlalu besar.

Untuk menuju ke pantai tersebut, anda akan diminta berkorban sedikit, baik itu harta dan jiwa. hmmm.... 

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan laut dari tanjung binga untuk tiba di pulau lengkuas belitung. 

Biaya ke pulau lengkuas cukup bervariasi antara IDR 2.000.000 - IDR 10.000.000 perkapal dengan kapasitas penumpang 30 - 45 orang. Jika ingin mengunjungi pulau ini ada baiknya bersama dengan teman teman, dengan begitu biayanya akan jauh lebih murah.

Apabila anda bekunjung ke pulau lengkuas belitung jangan lupa membawa kamera terbaik anda dengan membawa batrai cadangan dan menyediakan space memory kamera yang besar. Jika anda ingin menggunakan drone, minta izinlah dengan pengelola pantai.