Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Total di Bangka Tengah Maret 2016

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam jarang terjadi, hanya dapat dilihat dalam jangka waktu tertentu merupakan siklus tahunan, puluhan tahun atau ratusan tahun lamanya. 

Gerhana matahari sendiri banyak jenisnya antara lain Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Sebagian, Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Hibrid.

Bagaimana dapat terjadi Gerhana Matahari ?


Proses terjainya gerhana matahari yaitu ketika posisi bulan berada diantara bumi dan matahari, cahaya matahari akan terhalang oleh bulan dan saat itulah gerhana matahari dapat terjadi.


Proses ini membutuhkan waktu cukup lama, bahkan setiap gerhana matahari memiliki karasteristik tersendiri.

Kapan Terjadi dan Kenapa Mesti di Bangka Tengah ?

Ada yang istimewa dengan gerhana matahari total tanggal 09 maret 2016 mendatang.

Pasalnya berdasarkan keterangan disampaikan oleh Bp. Thomas Djamalludin selaku Kepala Penerbangan dan Pengembangan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena alam tersebut hanya dapat dilihat di langit Indonesia, itupun tidak semua wilayah dapat melihatnya, hanya melintasi di wilayah tertentu saja.

Wilayah tertentu tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku Utara dan Bangka Belitung.

Gerhana matahari total dapat disaksikan dipagi hari antara jam 07.00 - 07.22 hanya berlangsung dalam waktu 1 sampai 3 menit saja.

Kenapa Mesti di Bangka Tengah ? 

Untuk menyaksikannya, Bangka Tengah adalah salah satu tempat yang paling cocok untuk melihatnya dikarenakan kota ini memiliki salah satu pantai (Pantai Penyak) terdapat hamparan bibir pantai yang sangat luas dengan panjang yang mencapai 3 Km.

Jika ingin menyaksikannya tak ada halangan apapun.

Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Moment ini tentu saja akan menjadi sorotan wisatawan lokal maupun mancanegara. Dikarenakan suatu fenomena alam yang hanya dapat disaksikan melalui langit Indonesia terutama di 5 kota di Indonesia.

Bukan hanya wisatawan saja yang akan menyaksikan fenomena alam ini, sejumlah kalangan peneliti terkait tentu tidak akan melewatkan peristiwa langka ini untuk dikaji lebih lanjut.

Seumur hidup kita mungkin hanya dapat menyaksikan gerhana matahari ini hanya 1 kali saja dan akan terjadi kembali pada tahun 2252 mendatang.

Bahaya Gerhana Matahari Total

Jika ingin melihat gerhana matahari total maret 2016 mendatang, tidak disarankan untuk melihatnya secara langsung tanpa menggunakan perantara (pelindung khusus) bukan kacamata biasa ataupun kacamata hitam.

Kenapa ?

Melihatnya secara langsung walaupun hanya dalam waktu beberapa detik saja dapat merusak retina mata dikarenakan adanya sinar radiasi tinggi yang tak dapat kita lihat langsung terpancarkan dari lapisan fotoster.

Posting Komentar untuk "Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Total di Bangka Tengah Maret 2016"