Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Daripade Online Ningok Dak Keruen Jatak, Along Ngeblog, Ngasel Pulak

Survei membuktikan dari 10 orang yang mengakses internet, 10 diantaranya pernah membuka situs ++. Bener ape dak hasil survei e, ngeracau ketak ? Huh... Ga' percaya ? Itu hasil survei yang dilakukan pada kalangan pelajar lho... pada usia rata-rata 13 - 17 tahun. Masak ge ? Bebulak... Ikak sendiri cemane ? Pernah ape dak ?, hayo... hehe...

Ayo ngeblog, ngeblog itu apasih ? Daripade online ningok dak keruen jatak, along ngeblog !
Coba deh cek sendiri... survei tersebut dilakukan pada pengguna laptop dan PC pribadi saat melihat history browser yang dapat kita lihat apa saja yang dibuka oleh pengguna PC atau laptop pribadi orang tersebut, dan ternyata itulah yang terjadi. Walaupun history dan cache nya dihapus, ada history di PC dan laptop masih dapat kita lihat lho... disitu bisa kita lihat rekam jejak apasaja yang dilakukan oleh pengguna. Waw...

Men online, daripada bukak dak keruen jatak mending kita ngeblog. Ape ge ngeblog tu ? makanan atau hewan berkaki lima ? Terus untunge ngeblog tu ape ? Ni oug, kite kasi tau, ape bai untung e ngeblog. Sebelum e harus tau duluk ngeblog tu ape ?

Ngeblog

Istilah ngeblog ni mulai ade sekitar abad ke 20 seperadek sebelum doraemon dateng ke Bumi la... #ngeracau, waktu tu admin kenale waktu kuliah tahun 2006 tapi sebelum tu ge la ramai orang ngeblog (Bahasa bangkak campur indonesia dak ape oug, mesige admin blog ni setengah orang bangkak, setengah orang jogja, setengah orang riau batam tapi bukan setengan manusia oug, kelak disangkak anu pulak). Blog tu bukan makanan ape agik hewan punye kakie lime, tapi curahan hati yang ditulis di web gratis blogspot namanya. 

Bukan hanye curahan hati bai, yang hobi masak, olahraga, nulis, dan lain-lain terus ditulis di dalam blog. Bentuk dari blog tu kayak situs yang seperadek bace ni, ade blogspot e, tulah die name e blog. 

Bukan cuma nulis artikel bai, blog ge pacak untuk promosi, berbagi pengalaman, atau yang agik trend sekarang dari kite ngeblog ge pacak dapet duit alias ngasel. Ha... bener ape dak, cemane care e... Nek ningok bukti ? ni bukti e, orang yang ngeblog dapet penghasilan 10.000 dollar perbulan. Berape tu ? anggep bai dollar agik 10.000, terus itung kek kalkulator, ade berape ikok enol e... Bebeulak ge ka ni, heh... men dak pecayak, ketik bai "penghasilan eka lesmana" di gugle... 


Dari mane pulak blog pacak ngasel duit? banyak care e... dari iklan per klik. Misal e dari amazon, dari adsense, dari kite pasang banner ruang iklan di blog kite sendirik, same dari laen-laen e. Hmmm... Untunge ngeblog men lah ngasel, kebanyakan dari blogger yang lah ngasel, dak di ape-ape duit ngaler terus lewat rekening, wadaw... cemane pulak tu care e ?

Cemane care e ? men agik pemula, dak pacak la langsung cem tu oug, ujuk-ujuk dateng kayak antu... belajar duluk, banyak gabung same grup facebook atau belajar di internet banyak, care dapet uang dari ngeblog carik di google, tula men ke warnet jangan cuma maen game ape ningok bangkep, cobe cari yang bermanfaat, nonton cemtu la ngerusek utek ketak... hehe...

Tapi yang pertama, pasti e punye blog
  1. Punye akun gmail
  2. Di piker dulu, blog e kelak e isik ape. Kayak zona bangka belitung kan isi e macem-macem, seperadek pacak buet isik e tentang sekola, tugas sekola atau yang seneng nulis pacak diisik tema kesehatan, kondisi bangkak, otomotip atau apelah yang di senengin kek seperadek tapi jangan niru-niru zona bangka belitung oug, kelak blog e pacak dihapus kek google karne e ade privacy. hehe...
  3. Terus daftar di blogger.com
  4. Buet name domain. pon blog ni name e zonabangkabelitung.blogspot.com... terserah seperadek dek ngasi name e apae, men pacak dak asal name. yang mudah diinget urang ape sesuai kek tema isik blog e kelak. Misal blog e nek di isik tentang dunia sekola, pacak name e sekolahku.blogspot.com atau name laen e.
  5. Blog lah jadi, sekarang seperadek tinggal posting bai.
  6. Men nek ngasel cemane ? wadaw... men nek macem tu, seperadek pacak belajar di internet, misal ngetik " care menghasilkan uang dari blog, belajar di blog mas sugeng yang nyiapin tutorial belajar blog, atau ketik bai "belajar SEO" di google. Proses e mungkin agak panjang, men seperadek serius belajar dari awal 2-3 bulan belajar, dak sampai setaon lah ngasel blog e, sedikit yang penting ade la buet belanje ke ramayana ape belanje di puncak mall barata pangkalpinang, waw...
Susah ape dak ge ? men dak dicobe manela kite tahu susah ape dak, kayak orang sekola bai... men die ujian bilang e susah tu bearti die dak belajar, macem tu la kire - kire... men nek belajar, pasti ade jalan. Belajar outodidak ge pacak...

Selamat mencobe bai oug, men penasaran bener ape dak dibuktikan bai sendirik oug, kalau cuma bilang kate orang bebulak pulak, cume ngasi tau bai, pon ade manfaat positif ngape dak di cube...pon ade pertanyaan, tulis bai komentar di blog ni oug... ditunggu...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daripade Online Ningok Dak Keruen Jatak, Along Ngeblog, Ngasel Pulak

2 komentar:

fajar najmi said...

bener tu wkwkwk along ngblog :D

Bangka Belitung said...

Terima kasih ya.. bang fajar sudah membaca tulisan saya yang sedikit kocak, tapi mudah - mudahan mengena terutama buat anak - anak mudah di Bangka Belitung, ngeblog tu menghasilkan juga.. bukan asal tulis terus posting atau hanya sekedar hobi dakde gune.. semoga bermanfaat