Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Permainan Tradisional Khas Bangka Yang Hampir Punah


Setiap daerah di Indonesia pastilah mempunyai ciri khas tersendiri terutama memiliki permainan khas tradisional. Tentu saja leluhur bangsa ini membuat suatu permainan tersebut pastilah mempunyai makna, bukan hanya sekedar bermain riang dan gembira saja, ada pesan khusus yang disampaikan di setiap permaianan tradisional.

Teringat masa kecil permainan tradisional seperti bermain kelereng, patok lele. gasingan, sembunyi gong, cak lingking. congklak, buah saga, lempar kaleng, enggrang, karet gelang, dan ratusan koleksi permainan tradisional lainnya yang dimiliki disetiap daerah Indonesia.

Contohnya saja permaianan tradisional congklak. 

Bukan hanya sekedar bermain, didalam permaianan ada suatu nilai - nilai budi pekerti. 

Secara tak sadar diajarkan oleh anak - anak yang sedang bermain permaian tersebut. Melatih tanggung jawab, setia kawan dan belajar berhitung adalah esensi dari permainan congklak.
Permainan Tradisional Bangka Tempoe Dulu

Di bangka belitung sendiri memiliki permaian tradisional tak kalah populernya pada abad ke 19 (tahun 1900-an). Permaianan tersebut seperti memecah biji karet, kelereng, patok lele, gangsing, sembunyik gong, lempar karet gelang, tepuk gambar, dan lainnya.


Misalnya saja permaianan memecah buah karet. Admin blog sendiri pernah merasakan permainan ini, pergi ke kebun karen mencari buah karet untuk dikumpul hingga 1 kantong kresek. Buah karet yang di ambil pun tidak sembarangan, memilih kualitas terbaik katanya buah karet segi tiga lebih kuat. Itu pun jarang ditemui karena saking langkanya. 

Permainan seru dialami ketika masa kecil.contoh lagi permainan lainnya yang terdapat pada provinsi bangka belitung adalah permainan gasing. Didaerah lain juga memiliki permainan gasing dikarenakan masih satu rumpun melayu. 

Permainan gasing sudah lama dikenal dan menjadi permainan tadisional nenek moyang sejak zaman dahulu di kota pangkalpinang. 

Sebagai suatu permainan tradisional, permainan gasing banyak memberikan manfaat dan haruslah dilestarikan. Misalnya untuk simbol dan maskot daerah, dijadikan sebagai cabang olahraga pada event PON yang mengandung nilai - nilai seni.

Akankah permaian - permaianan tradisional khas nusantara ini hilang tergerus zaman ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Permainan Tradisional Khas Bangka Yang Hampir Punah