Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Kekuatan Supranatural Dari Batu Satam Asal Belitung

Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu batu satam ? bagaimana wujud dari batu satam itu ? Pemberian Kata SATAM bermula dari warga cina yang tinggal di pulau belitung memberikan nama tersebut. Kata SATAM berawal dari dua suku kata yaitu SA bearti pasir sedangkan TAM berati empedu. Sehingga jika digabungkan kata SATAM bearti pasir empedu.

Batu satam merupakan batu yang unik dan hanya ditemukan di pulau belitung, itupun beruntung jika ada yang menemukan batu tersebut. Berdasarkan cerita sejarah oleh masyarakat belitung, batu satam disiyalir adalah batu yang berasal dari serpihan meteorid yang jatuh dipulau belitung mengendap di pulau belitung bercampur dengan timah hingga memadat.

Ciri - ciri dari batu satam antara lain mempunyai serat batu tak beraturan yang terbentuk secara alami, keras dan kuat, hitam mengkilat seperti kaca. Tak jarang masyarakat menyebut batu tersebut sebagai batu legam yang barti batu hitam. Sedangkan seorang bernama Ir. N. Wing Easton dari akedemi Amsterdam di Belanda memberikan nama BILLITONITE bearti batu yang berasal dari pulau belitung.

Batu satam diyakini memiliki kekuatan supranatural, benarkah ? Selain itu, harga batu satam terbilang cukup mahal.Untuk mencari batu ini sangat sulit sekali. Faktor keberuntungan jika menemukannya. Biasanya masyarakat belitung menemukannya pada saat menambang timah yang harus menggali dengan kedalaman hingga 50 meter.

Batu hitam satam diyakini memiliki kekuatan supranatural. Terkadang digunakan sebagai sarana menangkal kekuatan jahat (santet dan sahabatnya). Terkadang dalam kepercayaan masyarakat belitung, jika membangun rumah kemudian menempatkan tersebut di empat penjuru tiang pondasi diyakini dapat menangkal kekuatan jahat yang hendak menggangu penghuni rumah.

Dikarenakan batu satam hanya dapat ditemui di pulau belitung, terdapat bangunan berupa monumen satam yang berada di Billiton Hotel dan Eks. Kantor Billiton Mij (Saat ini Pusat Perbelanjaan Baratha).

Batu satam tak hanya memiliki pandangan dari sisi supranatural saja. Sisi keindahan dari batu satam juga dapat diperlihatkan. Dapat dibuat batu cincin, permata kalung, cincin dan asesoris lainnya yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk mendapatkan batu satam diperlukan pengetahuan apakah batu satam yang akan anda dapat berupa batu satam asli, karena banyak sekali batu yang sejenis dengan batu satam. Untuk mengecek secara langsung jika tidak dapat dibedakan secara fisik, cara mengetahui apakah batu satam asli atau tidaknya, letakkan batu satam diatas telapak tangan anda, rasakan apabila ada medan magnet itulah satam yang asli.

Harga batu satam tergantung dari ukuran. Misalnya ukuran panjang 4 cm lebar 1,5 cm dan berdiameter 1 cm seharga IDR 250.000. Ukuran panjang 6,5 lebar 1,5 berdiameter 1,6 seharga IDR 6.500.000. Bahkan harga batu satam dapat mencapai belasan juta rupiah jika seudah diolah menjadi barang beharga misalnya berbentuk kalung, cincin dan sebagainya. Jika anda tertarik untuk membeli tersebut, mungkin ada penyedia jasa jual batu satam online.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kekuatan Supranatural Dari Batu Satam Asal Belitung

0 komentar: