Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Beberapa Motif Kain Cual Ini, Dapat Anda Bawa Pulang

Jika kita mengenal kain batik berasal dari tanah jawa, maka kain cual bangka asli berasal dari Bangka Belitung. Tak banyak orang mengetahui bahwa kain cual asalah kain asli dari provinsi bangka belitung. Sebagai salah satu warisan budaya yang terdapat di negeri indonesia, maka kain batik cual patut menjadi salah satu daftar pelestarian budaya.

Cual bearti benang sutra kasar yang baru dipintal. Begitu yang masyarakat umum katakan untuk penamaan kain ini. Kain batik cual memiliki nilai seni yang tinggi, seperti kehalusan tenunan, kerumitan motif, perpaduan warna, disertai pembuatan yang rumit karena harus mengikuti pola yang khas Bangka Belitung. Tak hanya itu, kain ini juga terdapat makna filosofi yang menandakan perjalanan religius penenunnya.

Kain cual khas bangka belitung. Cual bearti benang sutra kasar yang baru dipintal. Begitu yang masyarakat umum katakan untuk penamaan kain ini.

Dikerjakan oleh tangan - tangan profesional membuat kain ini memiliki daya tarik tersendiri. Motif pada kain ini pun bervariasi yang secara resmi dipatenkan oleh pemerintah antara lain Kembang Kenanga, Bebek dan Kembang Sumping, Ubur-ubur, Merak, Gajah Mada 2003, Kembang Setangkai dan Kembang Rukem, Bebek Setaman, Kembang Rukem dan Kembang Setaman serta motif lainnya yang berhubungan dengan flora dan fauna. Sedangkan dari sisi sejarah, kain cual telah berkembang sejak abad ke 16 yang sudah berusia.

Untuk mendapatkan kain batik cual bangka sebagai buah tangan dari Bangka Belitung, harga kain cual yang ditawarkan pun bervariasi tergantung kualitas dari kain, nilai seni kerumitan motif, dan sebagainya. Satu (1) kain cual dengan kualitas terbaik nomor 1 dihargai berkisar antara IDR 7 - 18 juta perlembar. Untuk kuallitas nomor dua anda dapat membawa pulang dengan harga IDR 2 - 5 juta perlembar.

Sedangkan satu lembar kain cual di bawah kualitas nomor 1 dan 2 dapat anda bawa pulang dengan harga di bawah IDR 1 juta. Memang harga yang ditawarkan cukup mahal, hal itu sebanding dengan kualitas yang diberikan yang dikerjakan secara manual oleh tangan - tangan profesional.

Semoga artikel tentang Kain Cual Asli Cindramata Khas Bangka Belitung dapat menjadi informasi bagi kita sema untuk mengenal warisan leluhur di negeri ini - Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Motif Kain Cual Ini, Dapat Anda Bawa Pulang

0 komentar: