Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Makna Lambang Daerah Belitung Timur dan Penjelasannya

Seperti artikel yang tertulis sebelumnya mengenai Makna dan Arti Lambang Daerah yang terdapat pada povinsi kepulauan bangka belitung.

Bersumber dari situs pemerintah Kabupaten Belitung Timur, berikut adalah lambang Kabupaten Belitung Timur :


Makna dan Arti dari lambang di samping :
  1. Perisai bersudut lima melambangkan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan perisai dalam melambangkan kesuburan dan keindahan.
  2. Lingkaran Bulat melambangkan persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Belitung Timur.
  3. Pulau Belitung melambangkan wilayah, masyarakat, system pemerintahan, kebudayaan, sumber daya alam, yang dimiliki Kabupaten Belitung Timur.
  4. Matahari melambangkan sumber kehidupan, kekuatan, kecerahan dan sinar yang berjumlah 27 (dua puluh tujuh) buah melambangkan tanggal 27 Januari 2003 saat disetujui Rancangan Undang-undang tentang pemekaran Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh DPR RI untuk disahkan menjadi Undang-undang.
  5. Balok Timah melambangkan Pulau Belitung secara historis adalah daerah penghasil timah.
  6. Pilar berjumlah 4 (empat) buah melambangkan empat wilayah kecamatan yang bergabung pada awal pembantukan Kabupaten Belitung Timur.
  7. Kapal melambangkan potensi kelautan/bahari.
  8. Gigi Roda melambangkan potensi kesiapan Kabupaten Belitung Timur dalam menuju era industrialisasi dan didi roda berjumlah 5 buah melambangkan undang-undang nomor 5 tahun 2003 yang disahkan pada tanggal 25 Februari 2003 oleh Presiden Republik Indonesia dan menjadi dasar hukum terbentuknya Kabupaten Belitung Timur.
  9. Padi dan Kapas melambangkan Kemakmuran dan Kesejahteraan.
  10. Bulir Padi berjumlah 24 buah melambangkan tanggal 24 Mei 2003 saat diresmikan Kabupaten Pemekaran dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Menteri Dalam Negeri bersamaan dengan dilantiknya Pejabat Bupati pada daerah pemekaran tersebut sebagai Kepala Daerah.
  11. Biji Kapas berjumlah 10 (sepuluh) buah melambangkan Tata nilai kesempurnaan.
  12. Arti warna Hijau Tua yang terdapat pada perisai luar, Pulau Belitung dan Biji Kapas melambang pertahanan, Kewaspadaan, dan kesuburan. Perisai dalam berwarna hijau muda melambangkan keindahan.
  13. Tulisan Belitung Timur berwarna putih melambangkan kebersihan dan religius.
  14. Lingkaran Bulat berwarna Biru Muda melambangkan potensi kelautan/bahari.
  15. Matahari berwarna kuning dan putih, bulir padi berwarna kuning, pilar berwarna kuning, Tulisan semboyan Satu Hati Bangun Negeri berwarna kuning melambangkan Semangat, Kebesaran dan Ketegasan.
  16. Balok Timah, Kapal dan Gigi Roda berwarna Hitam, Abu-abu dan putih melambangkan keragaman social dan budaya.
  17. Pita semboyan berwarna merah melambangkan keberanian.
Bace info lainnya: makna lambang daerah bangka belitung.

Semboyan Lambang Daerah Kabupaten Belitung Timur berbunyi Satu Hati Bangun Negeri mengandung arti seluruh masyarakat Kabupaten Belitung Timur bersama-sama membangun daerah dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Posting Komentar untuk "17 Makna Lambang Daerah Belitung Timur dan Penjelasannya"