Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Inilah 3 Wisata Kuliner Bangka Yang ekstrem, Berani Coba ?

Inilah 3 Wisata Kuliner Bangka Yang ekstrem, Berani Coba ? : Menikmati wisata kuliner bangka yang ini apakah anda berani untuk mencoba ? 3 kuliner berikut ini mungkin masuk kedalam daftar kuliner ekstrem yang ada di Indonesia. Apa saja kuliner paling ektrem asal bangka itu ? Diantaranya adalah rusip, pekasem dan kecalok. Berani untuk mencoba ?
 
Inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab datangnya wisatawan luar ke Indonesia karena ragam wisata kuliner bangka yang begitu kaya akan cita rasa, apalagi disetiap daerah terdapat ciri khas makanan asli daeranya masing-masing termasuk bangka.
Makanan khas bangka ini terbilang cukup ekstrem, berani coba ?
 
Anda pasti sudah mengenal masakan bangka misalnya saja lempah kuning, lempah jamur pelawan, lakso, mie ikan dan lainnya. Namun beranikan anda mencicipi wisata kuliner bangka yaitu rusip, pekasem dan kecalok.

Karena pengolahannya yang tak seperti biasanya itulah sebab dikatakan kuliner tersebut ekstrem. Misalnya saja rusip bangka yang terbuat dari bahan utama berupa ikan teri yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan gula aren dan garam goreng selanjutnya difermentasi beberapa hari barulah dikonsumsi. Proses fermentasi layaknya seperti membuat tapai (tape).

Saya sendiri pada saat pertama kali mencium aroma dari rusip, ada rasa sedikit mual dikarenakan baunya yang tak sedap. Namun demikian banyak orang (masyarakat) setempat menyukai kuliner ekstrem tersebut yang menjadi pemetik nafsu makan. Tanpa diolah terlebih dahulu seperti dimasak saya sendiri tidak berani makan.

Rasa yang aneh pedas, asin, asam bercampur jadi satu. Rusip cocok sekali dinikmati dengan lalapan sayur dan sambal.

Begitu juga dengan pekasem, olahan ikan fermentasi ini hampir punah keberadaannya. Kalau saya menyebutnya pekasem mirip dengan ikan asin, bedanya olahan ikan pekasem masih dalam kondisi ikan utuh (sudah dibersihkan) tidak dibelah kemudian difermentasikan hingga 3 minggu lamanya. Dapat disantap langsung ataupun dengan menggorengnya terlebih dahulu.

Bagimana dengan kecalok ? pengolahan kecalok hampir sama dengan rusip. Kecalok terbuat dari bahan dasar udang rebon (saya menyebutnya udang mini karena bentuknya yang kecil) yang dibersihkan kemudian di gongseng dengan garam dan campuran gula aren. Setelah itu didiamkan beberapa hari. Aroma seperi terasi akan tercium pada kuliner yang satu ini.

Berani coba ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 3 Wisata Kuliner Bangka Yang ekstrem, Berani Coba ?

0 komentar: