Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Diguyur Hujan Es, Warga Belinyu Bangka Kaget


Kejadian alam hujan es di belinyu bangka belitung merupakan fenomena alam aneh belum pernah terjadi. Fenomena alam aneh ini menjadi hangat diperbincangkan dari mulut ke mulut, baik itu yang tinggal di daerah belinyu sekitarnya maupun bangka belitung sendiri.

"Bebulak ka ni, dak ken ade" kalimat yang terdengar saat peristiwa itu diceritakan dari mulut ke mulut yang artinya berbohong kamu ini - seakan tak percaya.

Tentu saja hujan es di belinyu bangka belitung ini adalah peristiwa aneh yang terjadi di daerah tak jauh dari garis katulistiwa. 

Beberapa orang warga bertempat tinggal di lokasi kejadian mengatakan "selame ni dak pernah kejadian cemni, baru kali ni la" artinya selama ini tidak pernah kejadian semacam ini, baru kali ini.
Kejadian alam hujan es di belinyu bangka belitung merupakan fenomena alam aneh yang belum pernah terjadi. Fenomena alam aneh ini menjadi hangat diperbincangkan dari mulut ke mulut
Warga Belinyu Tak Menyangka Hujan Es Sebesar Kerikil Akan Turun

Sepatnya di RT. 007 kawasan jalan baru, kelurahan bukit ketok, kecamatan belinyu, kabupaten bangka, bangka belitung pada tanggal 13 oktober 2014 fenomena alam aneh hujan es tersebut terjadi.

Bermula dari cuaca mendung diiringi dengan angin kencang (ribut) jam 12.00 di siang bolong WIB, tak lama setelah itu terdengar suara benda jatuh dari atas yang membuat suasana hujan begitu keras, setelah di cek ternyata yang jatuh bukanlah air tetapi es yang berbentuk kerikil kecil. "ujar warga setempat"

Akibat dari peristiwa itu, beberapa warga bermukim di daerah tersebut mengalami kerusakan atap rumah yang terbuat dari genteng dan asbes. 

Setidaknya ada 13 rumah warga setempat mengalami kerusakan pada atap rumah.

Hasil penelusuran di wikipedia mengenari Hujan es adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. 

Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. 

Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. 

Karena ukurannya, walaupun telah turun ke aras yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat, tidak semua es mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara subtropis, tapi bisa juga terjadi di daerah ekuator.

Proses lain yang dapat menyebabkan hujan adalah pembekuan, di mana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan secara mendadak maka terjadilah es dengan ukuran yang besar.

Bagaimana pendapat anda tentang fenomena alam aneh ini ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Diguyur Hujan Es, Warga Belinyu Bangka Kaget

Diguyur Hujan Es, Warga Belinyu Bangka Kaget