Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Lada / Sahang (Panduan Lengkap Dalam Bentuk pdf)

Banyaknya manfaat yang tedapat pada tanaman lada memiliki daya tarik untuk dijadikan tanaman favorite mengisi lahan kosong sebagai tanaman perkebunan. 

Tercatat dalam sejarah indonesia pada tahun 1983 - 1992 sudah menjadi negara exportir terbesar bahkan menduduki peringkat 1 dunia.

Sehingga dari pencapaian tersebut, indonesia mendapatkan pendapatan devisa negara yang cukup tinggi dari tamanan lada mencapai US $ 93.045.000 /tahun. 

Hingga saat ini, peringkat exportir lada terbesar ada di negara brazil sedangkan indonesia menduduki peringkat 2 dunia dalam hal exportir lada.

Berikut ini panduan lengkap menanam sahang atau lada bangka.

Harga Lada / Sahang Bangka Belitung Capai Rp 120.000,- Rp 160.000,- Perkilogram. 

Khususnya pada daerah bangka belitung, tanaman lada lebih dikenal dengan sahang atau bahasa lainnya adalah merica. Bangka Belitung sendiri sudah dikenal sebagai daerah penghasil lada putih.

Sedangkan daerah lainnya seperti lampung dikenal sebagai daerah penghasil lada hitam.Harga lada yang cukup tinggi hingga mencapai IDR 130.000 per kilogram, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakan tanaman lada. Tanaman lada tumbuh secara merambat. Hampir mirip dengan tanaman daun sirih.

Bagaimana cara menanam lada ?

Cuplikan file pdf:

Unduh file pdf cara menanam lada dalam file pdf berikut ini.

Berikut ini langkah langkah menanam lada yang benar.

Unduh filenya di tautan ini: cara menanam sahang.

Apabila anda tertarik untuk bercocok tanam lada, anda dapat membacanya secara detail pada panduan di atas. Unduh saya filenya.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Lada / Sahang (Panduan Lengkap Dalam Bentuk pdf)"