Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Panduan Lengkap Cara Menanam Lada / Sahang pdf

Banyaknya manfaat yang tedapat pada tanaman lada memiliki daya tarik untuk dijadikan tanaman favorite mengisi lahan kosong sebagai tanaman perkebunan. Tercatat dalam sejarah indonesia pada tahun 1983 - 1992 sudah menjadi negara exportir terbesar bahkan menduduki peringkat 1 dunia.

Sehingga dari pencapaian tersebut, indonesia mendapatkan pendapatan devisa negara yang cukup tinggi dari tamanan lada mencapai US $ 93.045.000 /tahun. 

Hingga saat ini, peringkat exportir lada terbesar ada di negara brazil sedangkan indonesia menduduki peringkat 2 dunia dalam hal exportir lada.


Harga Lada / Sahang Bangka Belitung Capai Rp 160.000,- Perkilogram. 

Khususnya pada daerah bangka belitung, tanaman lada lebih dikenal dengan sahang atau bahasa lainnya adalah merica. Bangka Belitung sendiri sudah dikenal sebagai daerah penghasil lada putih. 

Sedangkan daerah lainnya seperti lampung dikenal sebagai daerah penghasil lada hitam.Harga lada yang cukup tinggi hingga mencapai IDR 130.000 per kilogram, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakan tanaman lada. Tanaman lada tumbuh secara merambat. Hampir mirip dengan tanaman daun sirih.

Bagaimana cara menanam lada ? 

Cuplikan file pdf:



Apabila anda tertarik untuk bercocok tanam lada, panduan lengkap berbentuk pedf dapat anda download pada tautan berikut : Cara Bercocok Tanam Lada Lengkap Dengan Panduan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Lengkap Cara Menanam Lada / Sahang pdf

Panduan Lengkap Cara Menanam Lada / Sahang pdf