5 Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Hampir sebagian besar orang menyukai buah semangka. Alasannya, rasa dari buah ini begitu manis dan memberikan sensasi kesegaran bagi tenggorokan selama musim panas. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi buah semangka dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semangka sangat kaya dengan kandungan karatenoid, likopen dan cucurbitacin. Ketiga senyawa ini adalah sumber antioksidan alami yang berguna bagi tubuh. Selain berguna sebagai buah penghilang rasa dahaga, ada banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

Ada beragam manfaat buah semangka bagi kesehatan. Diantaranya adalah

1. Mencegah kanker

Kandungan likopen pada buah semangka lebih tinggi dibangingkan buah buahan lainnya. Likopen adalah sumber anti oksidan alami yang mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh dan dapat mencegah resiko penyakit kanker paru paru, kanker usus, prostat, payudara dan sebagainya.

2. Mencegah penuaan dini

Dikutip dari situs aoglamedia.com, buah semangka kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan likopen. Ketiganya memiliki peran sebagai sumber antioksidan dengan fungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. Jika anda memiliki masalah bintik bintik pada kulit, kulit keriput dan sebagainya cobalah untuk mengkonsumsi buah semangka secara teratur atau dijadikan masker juga bisa.

3. Menetralkan tekanan darah tinggi

Banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa suplemen ekstrak dari buah semangka dapat menetralkan tekanan darah tinggi dalam waktu beberapa jam saja. Kamu juga dapat mengkonsumsinya secara langsung, sebanyak 200 mg setiap hari untuk menormalkan hipertensi. Jika tekanan darah sudah kembali normal, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak.

4. Mencegah sariawan

Terjadinya sariawan salah satunya disebabkan oleh peningkatan jumlah bakteri di dalam mulut. Kandungan air pada buah semangka dapat mencegah pembiakan bakteri pada rongga mulut. Sehingga, sariawan dapat dicegah hanya dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur.

5. Meredakan nyeri otot

Nah, kalau yang satu ini kamu baru tahu kan ? mengkonsumsi buah semangka secara rutin sangat efektif untuk membantu meredakan nyeri otot. Buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pasca latihan berat seperti lari sprint, angkat beban dan sebagainya.

Itulah beberapa khasiat buah semangka bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mendapatkan khasiatnya, konsumsilah buah semangka dalam batasan wajar. Mengkonsumsi terlalu banyak bisa jadi menimbulkan efek samping seperti tensi darah menurun, sakit perut dan sebagainya.




Belum ada Komentar untuk "5 Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh"

Iklan Bawah Artikel