Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Keindahan Pantai Penyusuk di Utara Bangka, Wow Banget

Terutama bagi masyarakat Belinyu, pantai penyusuk hingga kini menjadi primadona wisata pantai yang eksotis mempesona.

Tepatnya, letak pantai penyusuk berada di desa penyusuk kecamatan belinyu kelurahan bukit ketok sisi paling utara pulau Bangka. lokasinya tak begitu jauh dari pantai romodong hanya berjarak kurang lebih 7 km saja.

Jika anda mengendarai kendaraan roda dua atau empat, perjalanan untuk menuju ke pantai penyusuk hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Sepanjang jalan, anda akan menemukan etnis perkampungan china, rumah bekas peninggalan belanda, lokasi penambangan timah, perkebunan cengkeh, jambu mente dan sebagainya.

Hamparan bebatuan granit di tanjung penyusuk belinyu

Pesona alam pantai penyusuk sangatlah mempesona.

Namun, sebelum tiba dilokasi jalan sedikit menanjak dan anda akan disuguhi hamparan lautan biru di sisi kanan jalan dari atas perbukitan selama perjalanan.

Panorama keindahan pantai penyusuk begitu eksotis dengan tebaran batu granit berukuran besar dan kecil memperindah suasana pantai tersebut. Pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya yang berupa air yang jernih, tumpukan bebatuan granit, hamparan pasir putih disepanjang pantai, dan keindahan alam lainnya.

Uniknya, dibandingkan dengan pantai di pulau bangka lainnya pantai penyusuk memiliki hamparan bebatuan granit paling banyak. Karena hampir sekitar 70% bibir pantai membentang terdapat hamparan bebatuan granit dalam ukuran sedang dan sangat besar.

Aktivitas nelayan di sisi utara pulau belinyu

Pantai ini memiliki ombak cukup tinggi karena sisi utara pantai penyusuk berbatasan langsung dengan laut Natuna. Jadi jika anda ingin mencicipi air laut pantai ini sebaiknya di sisi pinggir saja dan jangan pernah mandi dikala musim hujan atau musim ombak tinggi.

Selain keindahan pantainya begitu mempesona, sisi lainnya anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam. 

Terdapat 4 buah pulau kecil yang dapat terlihat jika anda berdiri di atas batu besar menghadap kelaut. Adapun fungsi dari pulau tersebut, selain untuk menahan gelombang juga berfungsi sebagai mercusuar. 

Konon pada pantai ini memiliki cerita rakyat yang hingga kini masih terdengar kisahnya di masyarakat sekitar. Untuk mengetahui kisah tersebut, silahkan anda mencarinya pada situs ini dengan mengetik "penyusuk"

Jika anda ingin menikmati matahati terbenam di pantai penyusuk, ada baiknya izin terlebih dahulu dengan penduduk sekitar atau tetua adat setempa atau penanggung jawab pantai.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keindahan Pantai Penyusuk di Utara Bangka, Wow Banget

Keindahan Pantai Penyusuk di Utara Bangka, Wow Banget