Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tentang Museum Timah Bangka di Pangkalpinang

Museum Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang Bangka - Masyarakat pulau bangka perlu bangga akan hal ini, karena Museum Timah Indonesia hanya terdapat di kota pangkalpinang bangka.

Museum Timah Indonesia yang terdapat di kota pangkalpinang pulau bangka merupakan catatan penyimpanan sejarah panjang perjalanan pertimahan khususnya di pulau bangka belitung dan Indonesia umumnya.

Sejak resmi dibukanya museum timah di kota pangkalpinang pada tanggal 2 agustus 1997 oleh PT Timah Tbk, banyak sekali wisatawan mengunjunginya, baik itu wisatawan lokal maupun dari luar daerah bangka.




Tentu banyak sisi sejarah yang dapat kita lihat dari sana, sejarah pertambangan timah mulai dari penambangan timah secara tradisional hingga penambangan timah secara modern ada disini.

Tak hanya dijadikan sebagai kawasan wisata sejarah saja, museum timah juga dijadikan sebagai kawasan wisata pendidikan. 

Berbagai bukti sejarah pertambangan timah pada masa kolonial belanda hingga masa sekarang terdapat disana.

Misalnya, terdapat mangkok yang digunakan oleh kapal keruk untuk mengambil pasir timah dilaut berjejer rapi diluar bangunan museum timah, terdapat sketsa miniatur kapal keruk dan kapal isap yang sedang mengambil pasir timah dilaut, terdapat sampel timah asli, bebatuan timah dan masih banyak lagi sejarah lainnya dapat anda temui di tempat ini.



Jika anda berkunjung ke kota pangkalpinang pulau bangka, jangan pernah lewatkan untuk mengunjungi museum timah bangka.

Tiket masuk museum timah bangka cukup murah, hanya dengan membayar biaya masuk sebesar IDR 5.000 anda dapat menikmati wisata sejarah bangka belitung dan sekaligus wisata pendidikan . Buka setiap hari kecuali hari libur nasional.