Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Bangka Renyah dan Gurih

Bagi masyarakat Indonesia, kerupuk bukanlah hal yang asing merupakan makanan pedamping sebagai pelengkap bersamaan dengan nasi atau makanan lainnya seperti soto, ketoprak, opor dan sebagainya. Hingga saat ini, kerupuk juga tersedia di berbagai rumah makan maupun restoran yang ada.

Salah satu label cukup terkenal di lidah masyarakat Indonesia adalah kerupuk ikan tenggiri dikarenakan kerupuk jenis ini memiliki cita rasa tersendiri dari kerupuk lainnya yang lebih gurih, renyah dan rasanya menggigit di lidah.

Selain itu, ikan tenggiri memiliki kandungan sumber gizi seperti omega 3 untuk menjaga kesehatan otak dan manfaat lainnya.

Dapatkan resepnya diartikel ini

Khususnya di wilayah Bangka Belitung, kerupuk ikan tenggiri hingga saat ini menjadi salah satu andalan sebagai oleh oleh khas bangka yang sering dibawa pulang oleh wisatawan luar Bangka Belitung.

Untuk menikmati kerupuk yang berasal dari olahan ikan tenggiri, anda tak harus berkunjung kedaerah tertentu untuk membelinya. Namun, anda dapat membuatnya di rumah dengan mengikuti petunjuk berikut ini.

Resep Kerupuk Ikan Tenggiri

Bahan Bahan Pembuatan:
  • 500 Gram daging ikan tenggiri segar yang sudah digiling halus
  • 1 Kg Tepung tapioka kualitas 1
  • 7 Butir telur bebek
  • 50 Gram gula pasir
  • 2 Sdm garam atau secukupnya
  • 1 Sdt soda kue
Cara membuat kerupuk ikan tenggiri:
  1. Sediakan wadah pembuatan seperti baskom. Masukan bahan pembuatan ikan tenggiri halus, gula pasir dan garam secukupnya satu persatu. Aduk dan uleni hingga merata.
  2. Kocok telur bersamaan soda kue hingga mengeluarkan buih. Selanjutnya masukan ke dalam adonan dan aduk rata.
  3. Tambahkan tepung tapioka ke dalam adonan, aduk dan uleni hingga merata sempurna dan adonan tidak lengket ditangan
  4. Jika adonan sudah tidak lengket dan merata sempurna, bentulah menjadi bulat memanjang dengan panjang 30 cm dan diameter 5 - 6 cm atau menyesuaikan
  5. Selanjutnya adalah tahapan mengukus adonan
  6. Adonan yang sudah jadi, bungkuslah dengan plastik kue secara ketat kemudian di kukus selama 1 jam lamanya.
  7. Diamkan hingga mengeras atau masukkan ke dalam lemari pendingin untuk mempermudah pemotongan
  8. Jika sudah mengeras dan sudah dapat dipotong selanjutnya dengan cara mengiris tipis-tipis dengan ketebalan 0,3 - 0,5 cm
  9. Jemur diterik matahari hingga benar-benar kering dan terasa ringan
  10. Jika sudah mengering selanjutnya dapat digoreng dengan minyak panas
Selain itu, anda dapat memanggangnya dengan oven atau di dalam pasir panas.

Bagaimana ? cara membuat kerupuk ikan tenggiri tak begitu sulit bukan ? Beberapa tahapan mulai dari penyiapan bahan, pembuatan adonan hingga menggoreng kerupuk cukup mudah. Sebagai tips, adonan yang dibuat harus benar-benar merata sempurna, selain itu penjemuran harus benar-benar kering untuk menghasilkan kerupuk yang gurih dan renyah.

Anda juga dapat mengganti ikan tenggiri dengan ikan lainnya seperti kakap, tuna ataupun lele. Selamat menikmati resep di atas bersama keluarga...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Bangka Renyah dan Gurih

Resep Kerupuk Ikan Tenggiri Khas Bangka Renyah dan Gurih