Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Cocok Untuk Berburu Foto Selfie


Anda tentu masih mengingat film laskar pelangi dengan lokasi syuting bertempat di pulau Belitung ? Yang menampilkan beberapa panorama keindahan yang begitu memukau mata. Keindahan alam yang ditampilkan pada film tersebut hanya sebagian kecil saja belum menampilkan secara keseluruhan. Karena ada banyak wisata di bangka belitung yang dapat dikunjungi seperti wisata pantai, sejarah, kuliner, budaya dan sebagainya.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke pulau penghasil timah ini, mereka ingin melihat secara langsung keindahan pantainya, dikarenakan kondisi pantai pada pulau ini memiliki ciri khasnya tersendiri salah satunya terdapat banyak bebatuan granit yang mempesona berbeda dari pantai daerah lainnya.

Selain itu, wisatawan berkunjung ke pulau ini untuk berwisata sejarah dan menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan seperti otak otak, serabi, lempah kuning, lakso dan sebagainya atau untuk keperluan lainnya.

Nah, jika anda akan mengunjungi pulau bangka belitung, artikel ini mungkin dapat menjadi referensi sebagai informasi jika anda akan berkunjung ke pulau ini. Belum pas rasanya jika anda belum mengunjungi 15 tempat wisata di bangka belitung berikut ini yang sangat cocok untuk berburu foto selfie :

1. Bukit Fathin San

Bukit fathin san terletak di kota Sungailiat. Bukit ini merupakan tempat ibadahnya untuk umat budha yang ada di kota Sungailiat sekaligus tempat wisata di kota sungailiat yang sangat menarik di kunjungi. Berada di puncak bukit semut kota sungailiat. Dapat di akses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tiket masuk hanya Rp 5.000,- anda sudah dapat menikmati kota sungailiat dari puncak bukit. Bukit fathin san terletak di kota Sungailiat. Bukit ini merupakan tempat ibadahnya untuk umat budha yang ada di kota Sungailiat sekaligus tempat wisata di kota sungailiat yang sangat menarik di kunjungi. Berada di puncak bukit semut kota sungailiat. Dapat di akses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tiket masuk hanya Rp 5.000,- anda sudah dapat menikmati kota sungailiat dari puncak bukit. 

Terdapat ratusan anak tangga untuk mencapai puncak bukit, bahkan sebelum masuk ke kawasan ini, anda akan menempuh dengan jalan yang mendaki tinggi, apabila kendaraan tidak dalam kondisi baik bisa jadi mundur balik kebelakang karena sekitar hampir 30-45 derajat kemiringan bukit.

Rasa lelah tak akan terasa jika menapak setiap anak tangga, udara yang sejuk, banyak kayu pelawan, hutan yang masih alami, kuil, kolam ikan yang ada patung naga, alunan musik yang membuat pikiran nyaman, goa tempat ibadah, replika patung budha dan dwi kuan im, dan pemandangan luar biasa untuk anda berselfie di puncak bukit.

2. Pantai Parai Tenggiri

Pantai parai tenggiri termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata andalan yang ada di pulau Bangka. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota Sungailiat membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk tiba dilokasi dari pusat kota.
Pantai parai tenggiri termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata andalan yang ada di pulau Bangka. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota Sungailiat membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk tiba dilokasi dari pusat kota.

Jika anda mengunjungi pantai ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang begitu mempesona berupa hamparan bebatuan granit yang tersebar di sepanjang bibir pantai dengan ukuran yang bervariasi.

Deburan ombak yang menghempas pada bebatuan akan menjadi pemandangan yang seru untuk dinikmati dengan nuansa angin sepoi sepoi, juga terdapat dermaga berupa jembatan yang dapat anda lewati saat menelusuri pantai yang terhubung ke daratan satu ke daratan lainnya.

Tak hanya itu, anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas dan sarana yang dapat anda gunakan yang disediakan oleh pengelola hotel parai tenggiri. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya tempat penginapan nuansa hotel berbintang, banana boat, spa, bermain snorkel, jet sky dan sebagainya. Untuk memasuki pantai ini untuk umum dikenakan biaya sebesar IDR 25.000. 

3. Pantai Romodong dan Penyusuk

Kedua pantai ini terletak di ujung utara pulau bangka yaitu bertempat di kota Belinyu. Pantai ini cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota pangkalpinang yang membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam lebih dengan kendaraan roda dua pada kecepatan 70 Km/jam sepanjang lebih kurang 75 Km hingga tiba dilokasi.
Kedua pantai ini terletak di ujung utara pulau bangka yaitu bertempat di kota Belinyu. Pantai ini cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota pangkalpinang yang membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam lebih dengan kendaraan roda dua pada kecepatan 70 Km/jam sepanjang lebih kurang 75 Km hingga tiba dilokasi.

Jarak antara kedua pantai ini tak begitu jauh kira-kira hanya 4 Km saja. Ada yang begitu spesial dan anda akan dibuat tercengang sebelum memasuki pantai romodong yaitu keindahan batu granit yang menyerupi gapura yang seolah-olah pantai ini menyambut wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Batu ini terbentuk secara alami yang diyakini oleh masyarakat batu ini seperti hidup karena ketinggian batu ini terus tumbuh layaknya sebuah pohon. 

Kemudian saat tiba dibibir pantai romodong, ada bebatuan yang terbilang unik jika diperhatikan ia bebentuk menyerupai kura-kura. Pantai ini cukup laindai sehingga akan menggoda anda untuk berenang. Keindahan hal serupa juga tampak pada pantai penyusuk yang dihampari dengan bebatuan granit tersebar dibibir pantai dan dapatkeindahan alami matahari terbenam.

4. Pantai Tikus 

Pantai tikus bukanlah pantai yang memiliki banyak tikusnya. Sejarah mengatakan pantai ini dikatakan pantai tikus karena dahulunya menjadi lokasi strategis bagi para penyelundupan timah ilegal, barang terlarang dan juga pendatang gelap.
Pantai tikus bukanlah pantai yang memiliki banyak tikusnya. Sejarah mengatakan pantai ini dikatakan pantai tikus karena dahulunya menjadi lokasi strategis bagi para penyelundupan timah ilegal, barang terlarang dan juga pendatang gelap. Sehingga dapat dikatakan pantai ini merupakan dulunya adalah sebagai jalur tikus untuk mengelabui petugas.

Namun, pada saat ini pantai tikus sudah menjadi destinasi wisata favorite di pulau bangka yang terdapat sebuah viraha kuil saolin yang indah dan megah.

Dengan adanya sebuah tempat peribadatan umat budha pantai ini dinamakan pantai nirwana. Wajar saja namanya demikian dikarenakan lokasi viraha tersebut berada dipuncak kaki bukit nirwana yang menghadap ke laut.

Anda dapat menikmati keindahan pantai dari atas kuil dengan pemandangan yang begitu luar biasa. Jika anda hendak menuju lokasi bibir pantai, perlulah berhati-hati karena lokasi yang cukup sulit ditempuh dikarenakan terjal. Anda pun dilarang jika ingin berenang disini karena ombak yang cukup kuat dan juga memiliki tingkat kedalaman yang tidak untuk berenang.

5. Pantai Tanjung Pesona 

Namanya saja tanjung pesona, sudah dipastikan indah seperti namanya yang begitu mempesona. Untuk mencapai kelokasi pantai, anda harus menempuh jarak kurang lebih 14 Km dari pusat kota sungailiat. 

Lokasinya tak begitu jauh dari pantai tikus. Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini sebagai saran saja, anda mestinya beranjak dari pusat kota sungailiat kemudian memasuki perkampungan rambak.

Disana juga terdapat pantai yang tak kalah indahnya. Ikutilah rute berikut ini dari pusat kota sungailiat - desa jelitik - desa rambak (didesa rambak jangan lupa mampir dulu ke pantai rambak yang memiliki keindahan pantai berupa cekungan terdapat juga bebatuan yang cocok untuk memancing) - mampir ke pantai teluk uber - barulah anda menuju pantai tanjung pesona dan terakhir pantai tikus. Sekali jalan, 4 pantai sekaligus akan anda lewati. Tentu akan menambah daftar foto anda di kartu memori smartphone.

Di pantai ini anda dapat menikmati pemandangan alam pantai yang di dominasi bebatuan granit, jembatan cinta (biasanya untuk pasangan yang akan berfoto prewedding), nuansa seperti dibali, berenang, bemain jet sky, bermain pasir putih, dan sebagainya. Setelah mengunjungi pantai ini barulah anda langsung dapat berkunjung ke pantai tikus.

6. Benteng Toboali 

Setelah anda menelusuri bagian utara dan tengah pulau bangka, kini admin akan mengajak anda beralih ke selatan pulau bangka. Terdapat peninggalan yang begitu bersejarah di pulau bangka bernama benteng toboali.
Setelah anda menelusuri bagian utara dan tengah pulau bangka, kini admin akan mengajak anda beralih ke selatan pulau bangka. Terdapat peninggalan yang begitu bersejarah di pulau bangka bernama benteng toboali. 

Benteng toboali ini dibangun oleh bangsa portugis, dengan tujuan untuk mempertahankan diri dari serangan rompak bajak laut. Disini anda dapat merasakan kokohnya benteng ini pada masa silam. 

Namun, ada satu yang disayangkan objek wisata ini dikatakan terbilang kurang terawat yang dapat dilihat dari kondisi bangunan yang dibiarkan dimakan oleh usia. Namun anda masih tetap dapat menikmati nuansa sejarah dari benteng ini.

Dari beberapa benteng yang ada di pulau bangka seperti benteng kuto panji belinyu, benteng tempilang, benteng toboali merupakan benteng yang terbilang masih terlihat cukup lengkap dan masih meninggal sisa reruntuhan yang jelas terlihat dibandingkan dengan benteng lainnya.

Lokasi benteng ini terletak di desa ketapang kecamatan toboali kabupaten bangka selatan. Pada puncak benteng dengan ketinggian 18 meter dari permukaan laut, anda dapat menyaksikan kota toboali.

Belum secara tuntas admin sampaikan mengenai 15 tempat wisata di bangka belitung yang cocok untuk berburu foto selfie. Masih ada 9 tempat wisata lagi yang belum admin sampaikan yang akan admin tulis dan ulas pada postingan berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Cocok Untuk Berburu Foto Selfie

0 komentar: