Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Mengenal Seni Tarian Daerah Bangka Belitung

Mengenal Seni Tarian Daerah Bangka Belitung : Provinsi ini tak hanya dikenal keindahan wisata pantainya saja. Tari-tarian tradisional yang dimiliki oleh bangka belitung mempunyai ciri khas tersendiri mulai dari gerak dan irama tari. Berikut ini 3 macan tarian daerah bangka belitung :
 
# Tari Campak
 
Pada saat acara pesta pernikahan, penyambutan tamu undangan, tari campak akan hadir di tengah masyarakat sebagai hiburan.
Pada saat acara pesta pernikahan, penyambutan tamu undangan, tari campak akan hadir di tengah masyarakat sebagai hiburan. Tarian ini menggambarkan keceriaan bujang (laki-laki dewasa yang belum menikah) dan dayang (perempuan dewasa yang belum menikah).

Tarian ini dilakukan secara berpasang-pasangan antara wanita dan pria sambil membawakan pantun yang saling berbalas (berbalasa pantun). Siapa yang kalah biasanya akan memberikan uang kepada yang menang.

Diiringi alat musik tradisional seperti gong, gendang dan biola serta akordian menambah kemeriahan tarian ini. Pada umumnya tari campak biasanya dibawakan setelah panen padi atau sepulang dari kebun.

# Tari Beripat
Kalau dilihat, tari beripat merupakan perlombaan adu ketangkasan. Yang mana ada dua orang penari membawa rotan. Setiap penari mengandalkan keahlian menangkis dan memukul punggung lawan. Mana luka yang paling sedikit dialah pemenangya. Dalam setiap gerakan, diselingi gerak dan irama tari.

# Tari Sepen
 
Pada umumnya tarian ini akan dipersembahkan kepada tamu kehormatan. Misalnya, tamu undangan pemerintahan, event menyambut wisatawan luar bangka, dan acara resmi lainya.Pada umumnya tarian ini akan dipersembahkan kepada tamu kehormatan. Misalnya, tamu undangan pemerintahan, event menyambut wisatawan luar bangka, dan acara resmi lainya. Ada yang unik dari tari sepen yaitu setiap gerakan tari mengandung unsur beladiri pencak silat. Tarian ini dibawakan secara berpasang-pasangan antara laki-laki dan wanita yang sudah lincah dalam gerakan tari ini.
 
Tak hanya gerakan tari itu saja yang ada di Bangka Belitung, terdapat jenis tari lainya seperti tari zapin, tari gambus tunggal dan berpasangan, tari abuk wangka, tari tabar, dan jenis tarian lainya dari Bangka Belitung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Seni Tarian Daerah Bangka Belitung

0 komentar: