Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

5 Sosok Hantu di Pulau Bangka. Apakah Hanya Mitos ?

Adanya mitos hantu disetiap daerah ternyata beranekaragam cerita dan penampakannya. Mulai dari hantu vampire, drakula, pocong, suster ngesot, genderuwo, kuntilanak, jailangkung, tuyul dan hantu - hantu lainnya yang selama ini kita melihatnya melalui tayangan media televisi salah satunya.


Atau ada yang pernah melihatnya secara langsung. Hmm.... kok postingan ini jadi menyeramkan ya ?. 

Dari sekian banyak hantu yang kita kenal melalui tayangan tersebut, apakah dapat disimpulkan bahwa disetiap daerah memiliki ciri khas nya masing - masing ? Hingga kini masih menjadi pertanyaan saya,

Tapi entahlah...

Di daerah bangka belitung sendiri misalnya, terdapat mitos keberadaan hantu yang sudah menjadi cerita turun temurun dari para leluhur masyarakat bangka belitung sejak dahulu kala. 

Jika anda berani, silahkan mengetik kata kunci hantu yang di madsud di google image search engine. 

Nama nama hantu di bangka belitung:

1. Hantu Mawang

Hati - hati jika anda masuk kedalam hutan sendirian. Diyakini oleh masyarakat bangka hantu ini berbulu lebat, mempunyai kuku - kuku sangat panjang dan berbadan besar hitam serta berambut panjang. 

Berdasakan cerita dari masyarakat hantu ini keluar pada waktu menjelang magrib, dikarenakan hal tersebut masyrakat bangka tidak berani beraktivitas menjaelang magrib.

2. Hantu Kulung atau anton

Jika di imajinasikan hantu ini sangat menyeramkan berupa kepala terbang berapi. 

Makhluk ini mengincar bayi - bayi baru lahir untuk dihisap darahnya. Diyakini oleh masyarakat bangka, makhluk ini adalah manusia yang mempelajari ilmu hitam dengan tujuan agar selalu awet muda

3. Mencadin

Bila diimajinasikan, hantu mencadin menyerupai pocong berbau sangat busuk dikarenakan sepanjang hidupnya selalu berbuat maksiat. Mencadin selalu bergentayangan setelah meninggal selama 40 hari yang arwahnya masih bergentayangan. Itulah hantu mencadin diyakini oleh masyarakat bangka. 

4. Penebuk Hati

Penebuk hati lebih dikenal dengan hantu jagal dipepercayai oleh masyarakat bangka penebuk hati mengincar kepala anak - anak kecil. Akan tetapi hantu ini sebenarnya tidak ada, karena cerita ini dibuat untuk menakut - nakuti anak kecil agar tidak berkeliaran di hutan.

5. Nek Gergasi

Sesuai dengan nama hantunya, nek gergasi berwujud seperti nenek mempunyai kuku panjang dan memiliki wajah begitu menyeramkan serta berambut panjang terurai hingga menyentuh tanah. Nek gergasi akan muncul ketika hari kelahiran bayi.

Itulah 5 macam sosok hantu yang hingga saat ini dipercaya oleh masyarakat bangka. Meyeramkan bukan ?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Sosok Hantu di Pulau Bangka. Apakah Hanya Mitos ?

5 Sosok Hantu di Pulau Bangka. Apakah Hanya Mitos ?