Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Inilah Manfaat Ikan Gabus Yang Kamu Tidak Ketahui

Inilah Manfaat Ikan Gabus Yang Kamu Tidak Ketahui : Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar ternyata memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Nama ilmiah dari ikan gabus adalah Channa striata.

Bentuk ikan gabus hampir sama dengan ikan lele, hanya tak memiliki kumis, mungkin karena masih satu keluarga. Panjang ikan gabus dapat mencapai 1 meter, karena hal tersebut ikan ini desebut juga ikan ular yang dapat tumbuh sepanjang itu di air tawar. Licin jika ditangkap seperti belut. Bentuk ikan gabus dapat anda lihat pada gamba.
 

Manfaat Ikan Gabus

Taukah kamu ikan gabus memilki manfaat yang luar biasa. Inilah manfaat ikan gabus bagi kesehatan dan laiinya.
Banyak sekali orang yang mencari ikan yang kaya akan manfaat ini. Baik itu sebagai hobi kuliner dari masakan ikan gabus, banyak mencarinya dikarenakan manfaat yang luar biasa seperti untuk proses penyembuhan pasca operasi, meredakan penyakit diabetes, kesehatan bayi dan manfaat lainnya.
Di daerah bangka belitung ikan ini dapat anda temui di aliran sungai, saluran air dan sebagainya. Dahulu ketika saya memancing sering mendapat ikan ini, Digoreng atau dibuat sup adalah pilihan tepat untuk menyantapnya.

Ikan ini memiliki daya tahan bernafas yang tinggi. Mirip dengan lele, suka bermain dilumpur mengubur dirinya sendiri, namun bukan bunuh diri ya... hal itu dilakukan untuk bertahan hidup jika ada yang mau menangkapnya untuk digoreng, di sup, hehe...
 

Ikan Gabus Dapat Mencegah Hama Pada Tanaman

Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing.Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda.

Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang,

Jika anda ingin membudidayakan ikan gabus, mungkin ini adalah salah satu peluang bisnis dikarenakan harga pasaran ikan gabus cukup tinggi, apalagi begitu banyak yang mencarinya karena memiliki begitu banyak manfaat.

Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan (Meskipun beberapa kerabat gabus di Asia juga sengaja dikembangbiakkan sebagai ikan peliharaan). Gabus sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil. Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu no.1 di Sulawesi dan Irian Jaya karena mereka telah memusnahkan speesies ikan asli. (www.wikipedia.com).

Manfaat Ikan Gabus Bagi Tubuh

Ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung pada ikan gabus. Berikut adalah Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan. Kandungan protein albumin pada ikan gabus dapat membantu proses pergantian sel - sel yang rusak dengan cepat. Hal ini sangat baik jika dikonsumsi untuk pasien yang sudah menjalani operasi. Kandungan lemak dan asam amino dapat memabantu proses penyembuhan penyakit grastic

Demikianlah artikel Ikan Gabus Kaya Akan Manfaat ini ditulis sebagai informasi bagi pembaca online. Mudah - mudahan dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Manfaat Ikan Gabus Yang Kamu Tidak Ketahui

0 komentar: