Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Tari Tradisional Bangka Belitung Yang Memukau

Tari Tradisional Bangka Belitung : Setiap daerah yang ada di Indonesia pastinya memiliki tarian adat tradisional. Tak terkecuali daerah provinsi kepulauan bangka belitung. Jika anda pernah mengunjungi pulau bangka belitung, setiap acara resmi selalu menampilkan tarian khas daerah bangka belitung, misalnya pada momon penyambutan tamu, pernikahan, festival budaya dan lainnya.

Tari campak merupakan salah satu tarian adat dari provinsi kepualauan bangka belitung. Filosofi dari tarian campak menggambarkan sebuah kecerian yang dirasakan oleh bujang dan dayang (laki - laki dan wanita yang belum menikah) di kepulauan bangka belitung.

Tarian campak juga sebagai simbol pemersatu masyarakat bangka belitung, misalnya tradisi merayakan musim panen padi dan berpulangnya dari kebun (ume bahasa bangka nya). 
 
Tari campak, tari tradisional bangka belitung. Tari campak merupakan salah satu tarian adat dari provinsi kepualauan bangka belitung.
Tradisi tersebut dalam upaya menjaga kelestarian budaya khususnya budaya bangka belitung di tengah - tengah arus modernisasi saat ini.

Dari segi musik pengiring tari campak menggunakan akordion yang merupakan musik dari eropa. Kenapa demikian ? Karena pada masa pendudukan bangsa portugis di bangka belitung, tarian campak mengalami sisi perkembangan. Sehingga budaya eropa masih melekat pada tarian campak hingga saat ini.

Tarian campak berupa tarian yang berbalas pantun. Diiringi dengan berbagai musik tradisional seperti gendang, gong dan biola serta akordion masuk kedalam rangkaian musiknya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tari Tradisional Bangka Belitung Yang Memukau

0 komentar: