Sajian informasi yang ada di bangka belitung berupa masakan, lowongan kerja, kuliner, objek wisata, khas bangka dan informasi umum lainnya.

Keistimewaan Senjata Tradisional Bangka Belitung

Senjata tradisional bangka belitung : Indonesia memang memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia yang begitu luar biasa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Salah satu kekayaan yang dimiliki negeri ini adalah memiliki ragam jenis senjata tradisonal yang tak dimiliki oleh negara manapun di dunia.

Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, kesemuanya memiliki ciri khas tersendiri mengenai senjata tradisional. Bangka Belitung yang termasuk ke dalam provinsi Indonesia juga memiliki ciri khasnya tersendiri.

Senjata tradisional merupakan simbolisasi yang ada disetiap daerah Indonesia (Hanya ada di indonesia yang memiliki keanekaragaman segalanya) yang memiliki makna khusus atau pesan khusus atau simbol khusus dan sebagainya dimasing-masing daerah.

Jika masyarakat Jawa memiliki senjata tradisional keris, kujang dan sebagainya. Senjata tradisional dari bangka belitung bernama parang, siwar dan kedik berikut ini :

Parang

Parang hampir menyerupai golok dari betawi. Parang berbentuk seperti layar kapal dengan bagian ujung parang yang lebar. Senjata ini memang dibuat khusus yang dulunya untuk pertarungan jarak dekat. Keistimewaan dari parang adalah bagian ujung parang yang lebar, dan memiliki berat yang khusus.

Parang hampir menyerupai golol dari betawi namun bukan golok. Parang berbentuk seperti layar kapal, yang digunakan untuk perkelahian jarak dekat.Ketika diayunkan parang akan memberikan tekanan kekuatan potongan yang kuat dan menancap tajam. Ini dikarenakan bobot pada ujung parang yang dirancang memiliki berat yang khusus. Sehingga objek apapaun yang terkena oleh parang akan cepat terpotong.

Produksi parang yang tersebar di toko perabotan memiliki ragam jenis, namun produksi massal yang dipasarkan tidak memiliki ciri khusus dan karasteristik yang dimadsudkan.

Di Belitung, produksi parang yang terkenal adalah Parang Badau. Hingga saat ini di tahun 2015, tak banyak yang memproduksi parang badau di bangka belitung, mereka yang sebagai pengerajin adalah mereka yang memiliki jejak benang merah pengerajin dari ratusan silam zaman dahulu. Sehingga, ada parang khusus yang dibuat oleh pengerajin diyakini memiliki kekuatan supranatural.

Kedik

Jika anda mengunjungi toko perabotan atau pertanian yang ada di Bangka Belitung, pastilah anda akan menemui kedik. Pada umumnya kedik digunakan sebagai alat pertanian yang biasa digunakan untuk membersihkan rumput yang tumbuh dibawah tanaman.

Memang sejak dahulu sebelum pertimahan menjadi populer sebagai mata pencaharian, masyarakat bangka belitung di pedesaan kebanyakan berkebun. Fungsinya hampir sama dengan cangkul, namun kedik berukuran lebih kecil dan bentuk nya bengkok ke kiri.

Kedik memang dirancang khusus untuk membersihkan rumput atau tanaman liar yang berada disekitar tanaman yang mengganggu. Ia akan mudah digunakan untuk menelusuri bagian yang sulit dijangkau oleh cangkul.

Siwar

Ada yang berbentuk panjang dinamakan siwar panjang hampir menyerupai mandau Kalimantan Barat, maun ia tidak bengkok. Ukurannya rata, lurus, pipih, ringan jika diayunkan. Kegunaannya untuk pertarungan cepat jarak dekat

Senjata in memiliki 2 jenis ukuran. Ada yang berbentuk panjang dinamakan siwar panjang hampir menyerupai mandau Kalimantan Barat, namun ia tidak bengkok. Ukurannya rata, lurus, pipih, ringan jika diayunkan. Kegunaannya untuk pertarungan cepat jarak dekat.

Ukuran panjang, ketebalan dan beratnya pun dirancang khusus yang dibuat tak sembarangan, disesuaikan dengan penggunanya. Keistimewaan lainnya, ada siwar panjang khusus yang rancang memiliki 2 mata sisi yang tajam seperti silet yang digunakan memang untuk pertempuran bagi masyarakat dahulu pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Kemudian ada siwar pendek. Panjangnya seukuran keris, memiliki ujung yang runcing. Dirancang khusus memang untuk pertarungan jarak dekat digunakan untuk menusuk lawan.

Kemudian ada siwar pendek. Panjangnya seukuran keris, memiliki ujung yang runcing. Dirancang khusus memang untuk pertarungan jarak dekat digunakan untuk menusuk lawan. Bagian tengah memiliki lenkung yang berfungsi untuk merobek. Siwar jenis ini sangat tajam dan memiliki ketebalan yang tipis.

Semoga apa yang disampaikan menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda sekalian...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keistimewaan Senjata Tradisional Bangka Belitung

0 komentar: