Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Jongkong Bangka Paling Enak

Kue jongkong adalah kue dengan tekstur lembut menyerupai lembutnya bubur sumsum. Selain itu, jongkong memiliki cita rasa begitu khas yaitu manis, lembut dan beraroma wangi daun pandan.

Di Indonesia, khususnya masyarakat sumatera dan rumpun melayu termasuk Bangka Belitung sangatlah akrab dengan kue jongkong ini.

Khususnya di Bangka Belitung, untuk menemukan kue ini tidaklah sulit yang dijajakan di tempat penjualan kue yang tersedia di pinggiran jalan di pagi hari atau dijajakan oleh penjual kue keliling.

Disaat bulan puasa datang, kue ini dapat ditemui disetiap tempat penjualan kue musiman yang berjejer di pinggiran jalan.

Saat menjelang berbuka puasa antara jam 15.00 hingga 18.00, anda dapat menemukan kue ini dengan mudahnya dikemas dalam gelas plastik.


Untuk menikmati kue basah tradisional ini tak perlu anda membelinya.

Karena cara membuat kue jongkong pun terbilang mudah dan menggunakan bahan bahan yang mudah didapatkan. Sebagai ibu rumah tangga, anda dapat mencobanya di rumah sebagai hidangan untuk si buah hati atau keluarga di rumah.

Bahan lapisan bawah :
  • 200 gram gula merah parut halus
Bahan lapisan hijau :
  • 450 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut
  • 50 ml air daun pandan
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdt tepung sagu
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
Bahan lapisan putih :
  • 500 ml santan kental, dari 1 butir kelapa parut
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir
Cara membuat kue jongkong bangka :
  1. Lapisan bawah : Panaskan gula merah dan tambahkan 50 ml air hingga meleleh dan mencair. Aduk rata jangan biarkan hangus. Jika sudah mencair angkat
  2. Lapisan hijau : Campur semua bahan di panci hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Aduk terus hingga mengental.
  3. Lapisan atas : Masukkan semua bahan ke dalam panci, campur hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, Aduk terus hingga mengental
  4. Untuk penyajian anda dapat menyiapkan gelas hidangan
  5. Taruh 2 Sdm gula merah cair ke setiap gelas.
  6. Masukkan adonan lapisan hijau ke dalam gelas secukupnya di atas cairan gula merah tadi
  7. Masukkan adonan lapisan putih di atas lapisan hijau secukupnya
  8. Sajikan dengan rapi dan tambahkan potongan daun pandan sehingga terlihat seperti pada gambar 
Penyajian dapat sesuai dengan selera masing-masing. Dapat ditempatkan pada wadah berupa cetakan atau mangkok putih bening.

Tips: 
  • Agar kue jongkong terlihat putih bersih, pastikan kamu menggunakan santan kelapa agak tua dan kulit bagian luarnya di kupas. Kemudian baru di parut di ambil santan nya
  • Pastikan mengaduknya secara terus menerus agar tidak menggumpal dan bawahnya tidak gosong
Mungkin kamu bertanya, kue Jongkong bertahan sampai kapan? 

Dikarenakan kue ini terbuat dari santan kelapa dan teksturnya juga lembut, maka kue ini cepat basi. Paling tidak hanya mampu bertahan 7 jam - 9 jam lamanya. Namun, jika di diamkan dalam lemari pendingin (tidak dibekukan) akan mampu bertahan selama kurang dari 1 hari saja. Akan tetapi dari segi rasa tidak seenak ketika baru saja dibuat.
Resep enak lainnya: cara membuat serabi bangka yang enak.

Penyajian dapat menyesuikan dengan selera masing-masing. Saat menikmati kue ini, rasakan sensasi dilidah yang memiliki 3 rasa. Cukup mudah kan bunda...

Posting Komentar untuk "Resep Kue Jongkong Bangka Paling Enak"